10 Penyebab Asma dan Faktor Pemicunya, Kenali Sedini Mungkin!

Sabtu, 28 November 2020 13:11 Penulis: Nurul Wahida
10 Penyebab Asma dan Faktor Pemicunya, Kenali Sedini Mungkin!
Penyebab asma (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Penyakit asma merupakan penyakit pernapasan yang mudah kambuh pada situasi dan kondisi tertentu. Penyebab asma dapat terjadi karena beragam hal termasuk faktor pemicunya yang jarang disadari banyak orang. Gejala sakit asma bisa dikenali dengan mudah seperti terasa nyeri dada, batuk-batuk, serta sesak napas atau mengi.

Seseorang dapat mengidap penyakit asma saat ketika terjadi penyempitan dan peradangan saluran pernapasan hingga menyebabkan kesulitan untuk bernapas. Kondisi ini dapat dialami oleh setiap orang tanpa terbatas usia. Penyakit asma tergolong mudah kambuh dalam situasi tertentu yang mengakibatkan pengidapnya merasakan gejala utama seperti sesak napas atau mengi.

Kondisi tersebut dipicu oleh kondisi saluran pernapasan yang menyempit atau bengkak hingga menghasilkan lendir berlebih. Hal inilah membuat seorang pengidap asma akan mengalami sesak  napas. Asma dapat terjadi sewaktu-waktu dari kategori ringan hingga berat.

Saat penyakit asma kambuh kondisi tersebut bisa mengganggu aktivitas sehari-hari karena gejalanya yang menyertai. Untuk itulah pentingnya memahami penyebab asma dan faktor pemicunya agar mencegah penyakit pernapasan ini.

Lalu apa saja penyebab asma dan faktor pemicunya?

Adapun penyebab asma dan faktor pemicunya terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut penyebab asma dan faktor pemicunya yang dapat kalian kenali sedini mungkin dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Penyebab Asma Bisa Dipicu Karena Makanan

Penyebab asma dan faktor pemicunya yang pertama dapat  terjadi karena makanan. Seperti diketahui makanan tertentu dapat rentan terhadap sejumlah penyakit salah satunya asma. Kondisi ini dapat dikatakan dengan alergi pada makanan hingga sebabkan reaksi tertentu. Terlebih jika kalian memiliki alergi makanan serta pernah mengidap riwayat penyakit asma kondisi tersebut mungkin akan menimbulkan gejala cukup serius.

Adapun beberapa jenis makanan yang umumnya menyebabkan alergi yakni telur, susu, kacang-kacangan, gandum, kedelai, ikan, udang, dan lainnya sebagainya. Selain itu sejumlah pengawet makanan juga bisa memicu asma terutama aditif sulfit, natrium bisulfit, ataupun kalium bisulfit seperti melansir dari webmd.com.

 

2. Mengalami Alergi

Penyebab asma selanjutnya dapat terjadi karena faktor alergi. Jika sebelumnya alergi bisa dialami sejumlah orang karena makanan, alergi yang berkaitan dengan asma ini juga bisa berasal dari sejumlah benda tertentu. Diantara alergi yang bisa memicu asma seperti  serbuk bunga, serbuk pohon, rumput, jamur, bulu bintang, debu, serta kotoran kecoak.

Melansir dari webmd.com, kotoran kecoak diketahui menjadi penyebab utama asma pada masa kanak-kanak. Konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut penting dilakukan untuk mengobati asma yang kambuh. Selain itu menghindari beberapa jenis benda atau hal penyebab asma karena alergi bisa dilakukan untuk mencegah asma.

 

3. Olahraga Berat

Penyebab asma dapat terjadi karena dipicu oleh olahraga berat. Seperti diketahui meski aktivitas fisik seperti olahraga sangat penting bagi tubuh, namun dalam situasi tertentu olahraga justru bisa memicu penyakit asma. Ya, bagi pengidap riwayat asma biasanya disarankan untuk tidak melakukan aktivitas olahraga berat yang dapat menyebabkan kambuhnya asma.

Sebab saat melakukan olahraga berat dapat membuat saluran udara menyempit hingga sebabkan asma mudah kambuh. Akibatnya gejala bisa dirasakan seperti sesak napas dan batuk. Gejala tersebut akan hilang dalam waktu sekitar 1 jam. Meski sebagian besar orang dengan riwayat asma dapat mengalami kambuh kembali dalam waktu 6 hingga 10 jam.

 

4. Masalah Pada Lambung

Penyebab asma dan faktor pemicunya juga bisa dialami sejumlah orang karena gangguan pada lambung. Dalam hal ini asma berkaitan dengan penyakit maag atau GERD yang menimbulkan beberapa gejala. Kondisi tersebut dapat terjadi karena saat asam lambung meningkat asam tersebut akan mencapai pada saluran udara, mengiritasi dan menimbulkan peradangan hingga memicu penyakit asma seperti melansir dari webmd.com.

 

5. Aktivitas Merokok

Aktivitas merokok juga bisa menjadi penyebab sakit asma mudah kambuh pada sejumlah orang. Asma lebih mungkin dapat terjadi pada mereka yang sering melakukan kebiasaan merokok. Sejumlah gejala yang dapat timbul karena akibat merokok karena asma seperti batuk serta sesak napas yang cukup serius.

Selain itu dampak buruk dari rokok juga dapat memengaruhi fungsi paru-paru bayi pada ibu selama masa kehamilan. Dimana bayi dengan ibunya yang tergolong sebagai perokok berpotensi rentan mengalami masalah pada paru-paru seperti melansir dari webmd.com.

 

6. Infeksi Saluran Pernapasan

Penyebab asma selanjutnya dapat terjadi karena infeksi pada saluran pernapasan. Salah satunya yakni mengalami sinusitis yang berkaitan dengan peradangan pada dinding sinus. Terlebih jika memiliki riwayat penyakit asma maka kondisi tersebut juga bisa memicu kambuhnya asma hingga memengaruhi saluran udara yang berkaitan dengan penyakit asma. Konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi asma karena infeksi saluran pernapasan atau sinusitis.

 

7. Mengalami Flu

Beberapa infeksi juga dapat menyebabkan kambuhnya penyakit asma seperti flu. Infeksi tersebut disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyerang tubuh hingga menyebabkan penyakit asma. Kondisi ini biasanya lebih rentan terhadap usia anak-anak yang mungkin mengalami infeksi saluran atas hingga sebabkan asma. Pada orang dewasa penyebab asma karena infeksi virus dan bakteri berada pada kisaran angka 20 persen hingga 70 persen seperti melansir dari webmd.com.

 

8. Efek Samping Obat Tertentu

Penyebab asma juga bisa terjadi karena efek samping dari obat tertentu. Sebab sejenis obat-obatan tertentu diketahui dapat memicu asma kambuh terutama pada mereka yang pernah memiliki riwayat sakit asma. Beberapa jenis obat-obatan tersebut seperti ibuprofen, naproxen, serta beta blocker. Konsultasi dengan dokter diperlukan sebelum konsumsi obat tersebut terutama jika memiliki riwayat asma.

 

9. Udara Dingin

Penyebab asma dan faktor pemicu asma juga bisa dialami sejumlah orang karena kondisi udara. Salah satunya udara dingin dan lembab. Kondisi udara terebut bisa memicu terkena serangan asma terutama pada orang yang memiliki riwayat penyakit asma. Sehingga pastikan untuk menyiapkan berbagai persiapan agar membuat kondisi tubuh tetap hangat serta menghindari berada pada lokasi dengan tingkat udara dingin dan ruangan lembab.

 

10. Faktor Emosi

Asma juga dikaitkan dengan tingkat emosi seseorang. Dimana penyebab asma bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang mengalami stres. Beberapa hal terkait dengan emosi diantaranya yakni seperti rasa takut cemas, sedih, marah bahkan depresi bisa rentan terhadap sakit asma.

Nah itulah 10 penyebab asma dan faktor pemicunya, kenali sedini mungkin. Beberapa penyebab asma di atas dapat kalian hindari untuk mencegah kambuhnya sakit asma. Konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter kesehatan diperlukan untuk mendapat penanganan tepat terkait sakit asma.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI