12 Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan, Ampuh Menangkal Masalah Tubuh

Jum'at, 18 Desember 2020 12:45 Penulis: Nurul Wahida
12 Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan, Ampuh Menangkal Masalah Tubuh
Manfaat chia seed (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Masih terdengar cukup asing, manfaat chia seed menawarkan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Biji-bijian yang berasal dari tanaman slavia hispanica ini dapat dikonsumsi dengan aneka jenis makanan manis yang menggugah selera. Terlepas dari rasanya yang nikmat, chia seed mengandung beragam nutrisi dan vitamin yang ampuh menangkal berbagai penyakit tubuh.

Chia seed merupakan bahan makanan yang berbentuk biji-bijian hitam kecil. Biasanya chia seed sering dijumpai pada sejumlah makanan manis dan minuman misalnya saja puding, es buah, ataupun kue. Untuk mengonsumsi bahan makanan ini, biji chia seed perlu diseduh dengan air hangat terlebih dulu agar menghasilkan biji yang lembut dan mengembang.

Melansir dari medicalnewstoday.com, biji chia seed mengandung beragam nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya yakni asam lemak omega-3, serat, antioksidan, zat besi dan kalsium yang tinggi. Selain itu fakta lain dari biji chia seed yakni mengandung protein yang mampu menggantikan telur untuk masakan vegetarian.

Manfaat chia seed bagi kesehatan diyakini ampuh menangkal beragam jenis gangguan kesehatan seperti pencernana. Sebab kandungan serat tinggi pada biji chia seed dipercaya dapat menyehatkan sistem pencernaan dan mencegah masalah sembelit. Selain itu ada beberapa manfaat chia seed bagi kesehatan yang menawarkan khasiat luar biasa.

Adapun manfaat chia seed bagi kesehatan dapat kalian simak melalui beberapa ulasan di bawah ini. Berikut ini telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Kandungan antioksidan tinggi dalam chia seed mampu membantu beragam masalah kesehatan tubuh. Sebab seperti diketahui antioksidan berperan penting untuk menangkal peradangan pada tubuh yang disebabkan radikal bebas. Dalam hal ini antioksidan tersebut dapat menangkal paparan radikal bebas yang menyerang tubuh bahkan menjadi penyebab utama peradangan. Misalnya saja memicu tubuh rentan terhadap penuaan dini bahkan penyakit kronis seperti kanker.

Melansir dari healhtline.com, kandungan antioksidan dalam biji chia seed membantu melindungi lemak dan biji tidak mudah berbau tengik. Konsumsi chia seed dapat menjadi pilihan mudah mendapatkan beragam manfaat bagi kesehatan dengan pengolahan yang benar.

2. Mencegah Peradangan

Masih berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, manfaat chia seed selanjutnya dapat mencegah masalah peradangan. Dalam hal ini biji chia seed diketahui bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah peradangan. Di mana masalah peradangan bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan hingga memicu terjadinya penyakit kronis.

Namun kandungan nutrisi dan vitamin dalam biji chia seed diketahui mampu membantu menangkal peradangan tubuh. Diantaranya yakni dapat menjaga kesehatan jantung serta melawan penyakit kanker.

3. Menurunkan Berat Badan

seringkali menimbulkan beragam masalah kesehatan seperti pencernaan, jantung, bahkan pernapasan. Dalam hal ini cara mengatasi obesitas atau berat badan berlebih dapat dilakukan secara alami dengan bahan yang mudah diperoleh. Misalnya saja chia seed yang ternyata memiliki khasiat dapat membantu menurunkan berat badan.

Melansir dari healhtline.com, kandungan serta biji chia seed dapat menyerap banyak air pada sistem pencernaan dan membuat tubuh cepat kenyang. Hal inilah yang menjadi faktor biji chia seed dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan tetap stabil. Namun untuk mendapatkan manfaat bagi penurunan berat badan diperlukan pendukung lainnya baik menjaga pola hidup sehat ataupun memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Sebab melansir dari sumber yang sama peneliti mengungkapkan bahwa untuk penurunan berat badan tak hanya bersumber dari satu jenis makanan tunggal melainkan juga penting memperhatikan pola hidup sehat baik makanan ataupun aktivitas.

4. Menyehatkan Jantung

Manfaat chia seed bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat menyehatkan jantung pada tubuh  jantung merupakan salah satu organ vital yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, sehingga menjaga kesehatan jantung menjadi prioritas utama kalian.

Dalam menjaga kesehatan jantung ini manfaat chia seed bisa menjadi referensi mudah dan alami. Sebab kandungan protein, serat, antioksidan, dan lemak baik yang tinggi ternyata juga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung kalian loh KLovers.

Dilansir dari liputan6.com bersumber dari penelitian menunjukkan bahwa konsumsi biji chia dapat melindungi jantung dari pengerasan pembuluh darah dan penyakit jantung. Selain itu kandungan serat dan asam lemak omega 3 ini membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

5. Menyehatkan Tulang

Manfaat chia seed lainnya yang baik bagi kesehatan adalah dapat menyehatkan tulang pada tubuh. Hal ini bisa dirasakan karena chia seed mengandung beberapa nutrisi penting bagi tulang seperti kalsium, fosfor, magnesium dan protein. Melansir dari healhtline.com, jumlah kalsium dalam satu ons biji chia seed disebut lebih tinggi dari produk susu.

Sehingga dianggap baik dan menjadi sumber kalsium bagi seseorang yang tidak mengonsumsi produk olahan susu. Namun untuk mendapatkan manfaat maksimal dari biji chia seed, perlu dilakukan dengan jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

6. Mengontrol Gula Darah

Kandungan nutrisi dan vitamin dalam biji chia seed dipercaya dapat membantu mengontrol gula darah tubuh. Seperti diketahui gula darah dalam tubuh perlu diperhatikan keseimbangannya agar tak menimbulkan gangguan pada kesehatan. Sebab masalah pada gula darah tinggi biasanya erat kaitannya dengan penyakit diabetes. Namun ternyata manfaat chia seed diketahui dapat mengontrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin seperti melansir dari healhtline.com. Kalian dapat mengonsumsi biji chia seed bersamaan dengan jenis makanan sehat lain seperti oatmeal ataupun buah.

7. Menyehatkan Pencernaan

Seperti pembahasan sebelumnya bahwa manfaat chia seed dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan. Hal ini terjadi karena kandungan serat tinggi dalam biji chia seed yang berperan penting untuk nutrisi sistem pencernaan tubuh. Kandungan serat pada makanan sendiri dapat bermanfaat untuk mencegah masalah sembelit.

Sehingga serat tersebut dapat melancarkan pencernaan dan buang air besar secara teratur. Konsumsi chia seed dapat ditambahkan pada sejumlah makanan manis ataupun makanan olahan lainnya.

8. Tinggi Asam Lemak

Manfaat chia seed selanjutnya dapat diperoleh karena kandungan asam lemak yang tinggi. Melansir dari asweetpeachef.com, biji chia seed memiliki asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta memenuhi kebutuhan nutrisi seperti asam lemak alfa-linolenat dalam darah. Untuk mendapatkan manfaat maksimal konsumsi biji chia seed perlu diperhatikan jumlah tepatnya agar berkhasiat bagi tubuh.

Sedangkan melansir dari healthline.com, bersumber dari penelitian biji chia seed dapat meningkatkan kadar ALA dan EPA dalam darah namun tidak untuk DHA. Untuk mendapatkan sumber DHA konsumsi makanan tambahan seperti ikan salmon bisa menjadi pilihan.

9. Tinggi Protein

Manfaat biji chia seed lainnya adalah karena kandungan proteinnya yang tinggi. Protein ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kulit dan rambut, serta memperkuat otot dan tulang termasuk membantu menurunkan berat badan tubuh. Dalam hal ini biji chia seed dapat menjadi pilihan bagi seseorang yang tidak mengonsumsi produk hewani seperti telur.

10. Mencegah Kanker

Kanker termasuk penyakit kronis yang ditakuti banyak orang. Cara mencegah kanker dan mengatasi kanker dapat dilakukan dengan memakai bahan alami salah satunya biji chia seed. Sebab, manfaat chia seed diketahui dapat mencegah kanker dan melawan penyakit kanker.

Melansir dari stylecraze.com, penyakit kanker seperi kanker payudara dapat dicegah dicegah dengan biji chia seed. Hal ini terjadi karena kandungan asam alfa-linoleat yang berkontribusi melawan penyakit kanker.

11. Meningkatkan Energi

Manfaat chia seed lainnya juga dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Sebab chia seed mengandung vitamin b, zat besi, seng dan magnesium yang bisa meningkatkan energi. Selain itu dilansir dari stylecraze.com, berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh university of new hampshire, biji chia seed bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

12. Tingkatkan Mood

Manfaat chia seed selanjutnya adalah dapat meningkatkan mood dalam tubuh. Seperti diketahui  bahwa mood seseorang seringkali berubah berdasarkan kondisi tertentu. Namun faktanya ternyata chia seed dapat membantu meningkatkan suasana hati atau mood. Sehingga  buat kalian yang tengah mengalami suasana hati kurang baik chia seed dapat menjadi pilihan mudah. Selain itu melansir dari stylecraze.com, biji chia seed dapat membantu melawan depresi.

Nah itulah 12 manfaat chia seed bagi kesehatan ampuh menangkal masalah tubuh. Selain itu memperhatikan jumlah konsumsi biji chia seed perlu dilakukan agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI