3 Cara Membuat Kue Ulang Tahun, Mudah Hanya dengan 2 Bahan

Rabu, 25 Maret 2020 10:10 Penulis: Dita Tamara
3 Cara Membuat Kue Ulang Tahun, Mudah Hanya dengan 2 Bahan
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Membeli kue ulang tahun untuk kado special sangat biasa dilakukan. Namun, apakah KLovers sudah pernah mencoba membuat kue ulang tahun sendiri untuk orang tersayang? Untuk itu artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat kue ulang tahun sendiri.

Pasalnya, sebagian orang lebih memilih membeli kue ulang tahun dibandingkan harus membuatnya sendiri. Hal tersebut enggan dilakukan karena alasan ribet dan mengeluarkan banyak uang. Namun, bagaimana jadinya jika membuat kue ulang tahun hanya dengan 2 bahan saja? Tentunya dengan resep yang sangat ekonomis, dan  tidak bikin kantong kamu menipis.

Merayakan ulang tahun dengan kue tart merupakan sebuah tradisi. Berbicara mengenai kue tart, banyak orang ingin memberikan kue special dengan memesannya di toko. Tapi, kali ini, KLovers akan diajak untuk membuat kue ulang tahun buatan sendiri. Meski terkesan sederhana, hal tersebut akan terasa lebih bermakna jika kita membuatnya dengan hati yang tulus.

Nah, berikut ini resep cara membuat kue ulang tahun menggunakan dua bahan utama saja, yang sayang jika KLovers lewatkan.

 

 

1. Kue Ulang Tahun BlackForest

Bahan  yang digunakan:

-  Roti tawar 5 keping

-  Butter cream

Cara membuat:

1. Pertama KLovers siapkan piring terlebih dahulu, kemudian letakkan 1 keping roti tawar ke dalam piring, oleskan butter cream di atas roti secara menyeluruh. Lakukan hal yang sama hingga tumpukan 5 keping roti tawar. Pemilihan roti tawar di sini sesuai selera. KLovers bisa memilih rasa coklat, pandan, maupun original.

2. Selanjutnya, lakukan hal yang sama yakni memberikan olesan butter cream di sisi luar roti tawar. Lapisi roti menggunakan butter cream secara merata menggunakan pisau.

3. Langkah selanjutnya yaitu memberikan hiasan pada roti. Disini KLovers dapat menggunakan dark choco yang bisa anda beli di toko kue. Potong dark choco secara kotak-kotak kecil. Kemudian tempelkan coklat tersebut ke sisi luar kue hingga tertutup semua dengan coklat

4. Untuk hiasan kue di bagian atas, KLovers dapat mengkreasikannya dengan cara parut dark choco, lalu hias dan taburkan coklat di atas kue. Anda juga bisa mengganti parutan dark choco menggunakan keju.

5. Selanjutnya, hias atas kue sesuai keinginan. Menghias kue menggunakan butter cream yang dimasukkan ke dalam plastik. Kemudian gunting sedikit ujung plastik. Setelah itu, kalian pun bebas untuk berkreasi, misalnya menulis nama di atas kue, atau membuat hiasan seperti bunga.

2. Oreo Cake Birthday

Bahan yang digunakan:

-  2 bungkus oreo

-  1 kotak susu

Cara membuat:

1. Hancurkan 2 bungkus oreo menggunakan plastik. Pindahkan semua oreo ke dalam plastik, kemudian tumbuk oreo hingga halus.

2. Tuangkan oreo ke dalam cetakan kue berbentuk lingkaran.

3. Masukkan satu kotak susu cokelat ke dalam loyang, kemudian aduk hingga merata.

4. Selanjutnya, kukus adonan tersebut selama 30 menit.

5. KLovers dapat menambahkan hiasan maupun topping di atas kue menggunakan butter cream, dark choco, ataupun keju sesuai selera.

 

3. Biscuit Tart Cake

Bahan yang digunakan:

- 2 pack biskuit

- 2 pack butter cream

Cara membuat:

1. Langkah pertama yaitu tuangkan butter cream ke wadah, kemudian mixer butter cream hingga lembut. Mixer dilakukan selama 3 menit menggunakan kecepatan tinggi. Setelah 3 menit, matikan mixer.

2. Siapkan 4 wadah dengan ukuran yang berbeda untuk membagi butter cream. Wadah pertama isi dengan 1 senduk butter cream, wadah kedua isi dengan 1 sendok butter cream, wadah ketiga isi dengan 3 sendok butter cream, dan wadah keempat isi dengan 6 sendok butter cream.

3. Langkah selanjutnya, tambahkan pewarna makanan yang berbeda ke tiap-tiap wadah. KLovers bisa berkreasi sesuai dengan warna favorit anda. Misalnya wadah pertama menggunakan warna hijau, wadah kedua warna merah, wadah ketiga putih tanpa pewarna makanan, dan wadah keempat warna pink.

4. Lalu masukkan tiap-tiap butter cream pada plastik segitiga.

5. Siapkan loyang kue berbentuk hati berukuran 20 cm, dan jangan lupa beri kertas roti pada bagian bawah loyang.

6. Buka kemasan biskuit yang sudah disiapkan. Setelah itu, ambil 1 biskuit kemudian olesi menggunakan butter cream. Lalu letakkan berdiri pada loyang kuenya. Untuk selanjutnya, lakukan hal yang sama hingga biskuit menutupi loyang berbentuk hati. Jika butter cream masih sisa, letakkan di atas biskuit.

7. Setelah selesai, masukkan biskuit ke dalam freezer selama 1 jam. Selanjutnya, siapkan alas cake yang sudah di olesi butter cream. Hal ini bertujuan supaya cakenya tidak bergeser.

8. Selanjutnya, ambil loyang dari freezer untuk diletakkan di alas cake yang sudah disiapkan.

9. Beri butter cream berwarna merah muda secara merata dan menyeluruh hingga menutupi biskuit pada bagian atas maupun samping.

10. Setelah memberikan butter cream secara keseluruhan, saatnya menghias kue sesuai kreasi anda. Anda dapat memberikan hiasan bunga dengan warna yang berbeda. Selain itu, anda bisa menuliskan nama pada sisi atas kue.

Nah, itu tadi merupakan 3 cara membuat kue ulang tahun hanya dengan menggunakan 2 bahan saja. Bagaimana? Tertarik untuk membuatnya bukan? Kira-kira KLovers mau bikin resep kue ulang tahun yang mana nih? Jangan lupa untuk share resep ini ke KLovers lainnya ya.

 

(kpl/dtm/gen)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI