Lebaran Sebentar Lagi, Ini 5 Tips Bersilaturahmi di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Jum'at, 22 Mei 2020 11:33 Penulis: Dita Tamara
Lebaran Sebentar Lagi, Ini 5 Tips Bersilaturahmi di Tengah Pandemi Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Tinggal menghitung hari lagi, bulan Ramadhan tahun 2020 segera usai. Perayaan menyambut lebaran pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini lantaran pandemi virus corona belum juga menunjukkan mereda bahkan jumlah pasien terinfeksi virus corona semakin membengkak. Jika biasanya lebaran menggunakan baju baru dan bersilaturahmi bertemu sanak saudara, maka dipastikan pada tahun ini sesuai anjuran pemerintah, masyarakat di himbau untuk tetap di rumah saja.

Meskipun lebaran kali ini dirasakan sangat berat bagi umat muslim, kalian tetap bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk tetap berkomunikasi guna melakukan silaturahmi saat lebaran. Berikut ini beberapa tips bersilaturahmi lebaran di tengah pandemi corona yang bisa kalian lakukan.

 

1. Mengirim Kartu Ucapan Lebaran

Virus corona membuat semua orang harus mengikuti protokol dari pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus corona. Bersamaan datangnya hari lebaran di tengah pandemi, membuat sebagian umat muslim kehilangan momen bertemu keluarga maupun rekan untuk bersilaturahmi.

Untuk menyiasati keadaan tersebut dan tetap bersilaturahmi, kalian bisa saling mengirim kartu ucapan lebaran melalui aplikasi digital yang sudah banyak tersedia. Hanya dengan menggunakan kata kunci ‘Lebaran’, maka sudah banyak template ucapan lebaran yang muncul. Dengan demikian, silaturahmi akan tetap terjalin meskipun di tengah pandemi virus corona.

2. Berkirim Parsel Lebaran

Berkirim parsel juga bisa menjadi salah satu alternatif agar silaturahmi tetap terjaga. Tak hanya menjaga silaturahmi saja, mengirimkan parsel untuk rekan dan keluarga juga menebar kebahagiaan.

Hanya dengan mengirim parsel makanan ringan, hingga beberapa produk kesehatan akan menebar kebaikan terhadap sesama. Hingga sekarang jasa pengiriman barang masih banyak yang beroperasi, dan tentu saja kalian bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mengirim parsel lebaran dan berikan sedikit surat ucapan.

3. Melakukan Panggilan Video

Tips yang satu ini akan sangat membantu untuk momen bersilaturahmi di tengah pandemi corona. Melakukan panggilan video call akan terasa bertemu keluarga secara langsung. Sehingga akan menjalin silaturahmi dan menghilangkan rindu meskipun hanya dengan menggunakan telepon. Kecanggihan teknologi inilah yang perlu dimanfaatkan dengan baik apalagi di situasi seperti saat ini.

4. Mengirim Pesan di Media Sosial

Di zaman yang serba canggih saat ini, semua orang telah menggunakan media sosial untuk kegiatan berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Tips silaturahmi saat lebaran di tengah pandemi corona bisa dilakukan dengan mengirim ucapan melalui media sosial. Kalian bisa memanfaatkan media sosial, baik itu WhatsApp, Line, Instagram, dan lain sebagainya. Di tengah kondisi pandemi ini, mengirim ucapan melalui media sosial bisa menjadi alternatif cara bersilaturahmi jarak jauh yang juga paling efektif.

5. Jaga Jarak Saat Bertemu

Saat lebaran tiba dan memang kamu harus bertemu dengan orang lain. Kalian tetap harus melakukan jarak saat bertemu. Bukan tanpa alasan, namun ini merupakan tindakan pencegahan dari penyebaran virus Corona. Aturan jaga jarak dilakukan dengan memberi jarak minimal 1 hingga 2 meter.

Selain itu, selalu gunakan selalu masker saat keluar rumah demi menjaga keselamatan. Setelah dari luar ruangan jangan lupa untuk mencuci tangan dan juga mencuci seluruh baju, serta mandi hingga bersih.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI