120 Kata-Kata buat Teman Sejati Penuh Makna dan Menyentuh Hati, Memperkuat Persahabatan

Kamis, 30 September 2021 13:20
120 Kata-Kata buat Teman Sejati Penuh Makna dan Menyentuh Hati, Memperkuat Persahabatan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Keberadaan teman atau sahabat sangat berarti dan penting dalam kehidupan seseorang. Teman selalu ada untuk menemani dalam suka dan duka. Teman selalu memberikan dukungannya di saat kita menghadapi masalah. Berbagai momen suka dan duka dilalui bersama, membuat teman jadi sosok yang sangat berharga. Oleh karena itu, pertemanan harus selalu dijaga. Salah satunya, bisa dengan menuliskan kata-kata buat teman.

Dengan kata-kata spesial, kita bisa menyampaikan rasa syukur dan terima kasih pada sosok teman tersayang. Kata-kata buat teman juga bisa berisikan pesan mendalam, seperti tentang kerinduan dan perasaan sayang. Terlebih, menjaga hubungan pertemanan bukanlah hal yang mudah. Sering kali kesibukan membuat dua orang yang berteman harus terpisah dan jarang bertemu.

Memberikan kata-kata spesial buat teman bisa menciptakan hubungan pertemanan yang positif. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa kata-kata buat teman.

 

 

 

 

 

 

1. Kata-Kata buat Teman Sejati

Teman sejati menjadi sosok yang selalu setia memberikan dukungannya di saat suka maupun duka. Adanya teman sejati akan membuat kehidupan kita jadi lebih berwarna. Berkat dukungannya, hidup juga terasa lebih indah dan mudah. Berikut ini beberapa kata-kata buat teman sejati.

1. "Teman tak akan menghilang saat masalah datang, tapi menggandeng tanganmu dan menghadapinya bersama-sama."

2. "Pertemanan sejati dimulai saat keheningan di antara dua orang terasa nyaman."

3. "Teman sejati bukanlah mereka yang memiliki banyak persamaan, tapi mereka yang memiliki pengertian terhadap setiap perbedaan."

4. "Pertemanan yang didasari oleh keikhlasan hati dan kasih sayang, akan melahirkan keabadian dalam kebersamaan."

5. "Teman sejati tahu sekali seberapa bodohnya kamu dan tetap saja memilih buatmenghabiskan waktu bersamamu."

6. "Teman tak akan menghilang saat masalah datang, tapi menggandeng tanganmu dan menghadapinya bersama-sama."

7. "Teman sejati adalah seseorang yang masuk ke hatimu ketika seisi dunia keluar."

8. "Kita akan menjadi teman sampai kita menua dan pikun. Lalu kita akan menjadi teman baru lagi."

9. "Seorang teman akan menahan tawanya dan akan membantumu ketika Kamu jatuh. Tapi, seorang teman sejati akan tertawa terbahak-bahak ketika ikut jatuh bersamamu."

10. "Teman adalah seseorang yang selalu ada di sampingmu, ketika kamu sakit buatmelihat ke belakang, atau takut melihat ke depan."

11. "Teman sejati sulit buatditemukan, jadi hargai dia setelah kau menemukannya."

12. "Pertemanan sejati dimulai saat keheningan di antara dua orang terasa nyaman."

13. "Satu teman sejati lebih dari seribu teman biasa."

14. "Teman biasa mendengarkan apa yang kamu katakan. Teman sejati mendengarkan apa yang tidak kamu katakan."

15. "Teman sejati adalah seseorang yang melihat rasa sakit di matamu sementara yang lain percaya senyum di wajahmu."

16. "Beberapa orang datang dan membuat dampak yang indah pada hidupmu, kamu hampir tidak dapat mengingat seperti apa hidup ini tanpa mereka."

17. "Persahabatan sejati muncul ketika keheningan di antara dua orang terasa nyaman."

18. "Hanya sahabat sejati yang bisa melindungimu dari musuh abadi."

19. "Teman biasa mendengarkan apa yang kamu katakan. Teman sejati mendengarkan apa yang tidak kamu katakan."

20. "Salah satu kualitas paling indah dari persahabatan sejati adalah untuk dipahami dan memahami."

 

 

 

 

 

 

2. Kata-Kata buat Teman yang Dirindukan

Teman adalah sosok yang sangat berarti dan berharga di hidup kita. Sehingga wajar jika perpisahan dengan seorang teman akan membuat hidup terasa hampa. Rasa rindu pada teman juga sering kali menyiksa. Sebab, tanpa seorang teman hidup akan jadi membosankan dan kehilangan warnanya. Berikut beberapa kata-kata buat teman yang sedang dirindukan.

1. "Teman, biarpun kita jarang berkomunikasi satu sama lain, biarkanlah doa senantiasa terucap dari mulut kita"

2. "Teman adalah saudara kandung yang tidak pernah diberikan Tuhan kepada kita."

3. Sering kali merasa kangen dengan teman lama yang dulu kalau apa-apa selalu bersama. Tapi aneh, sekarang sekalinya ketemu lagi malah seperti orang asing."

4. "Teman itu adalah orang yang menyelamatkan dari neraka yang bernama kesepian."

5. "Aku kangen dengan kalian yang dulu, aku kangen dengan pertemanan kita yang telah terjalin. Akhir-akhir ini, aku sama sekali tidak pernah lagi merasakan kebahagiaan yang sama dari kalian."

6. "Kita selalu membuat memori yang sangat indah saat bersama. Aku tidak sabar untuk membuat memori-memori baru lagi denganmu. Lekaslah kembali!"

7. "Teman sejati itu adalah sosok yang sulit untuk ditemukan, sulit untuk ditinggalkan dan tak mungkin bisa untuk dilupakan."

8. "Teman sejati akan muncul dan menghibur di saat kita hancur, bukan malah kabur di saat kita lebur."

9. "Aku teringat saat kita tertawa dan menangis bersama, serta berapa banyak janji-janji yang dulu kita buat. Satu hal yang ingin aku katakan padamu adalah pertemanan kita tidak akan berakhir begitu saja."

10. "Nilai dari seorang teman akan lebih terasa ketika kita kehilangannya."

11. "Berjalan di kegelapan bersama teman lebih baik dari pada berjalan sendirian di dalam terang" (Helen Keller).

12. "Persahabatan kita yang sekarang ini, sudah tak seindah persahabatan kita dulu. Aku kangen masa-masa itu."

13. "Kita selalu membuat memori yang sangat indah saat bersama. Aku tidak sabar untuk membuat memori-memori baru lagi denganmu. Lekaslah kembali!"

14. "Sahabat, biarpun kita jarang berkomunikasi satu sama lain, biarkanlah doa senantiasa terucap dari mulut kita."

15. "Aku kangen masa lalu, di mana belum banyak manusia yang munafik seperti sekarang, dan terjalinnya persahabatan masih benar-benar nyata."

16. "Aku kangen di mana kita masih saling bersama satu sama lain, bisa bermain, gila-gilaan seperti dulu wahai sahabatku!"

17. "Aku rindu dengan orang yang menyayangiku, terutama para sahabat karena mereka tulus padaku meski tanpa ada ikatan darah."

18. "Rindu sekali dengan persahabatan yang terjalin seperti dahulu, bukan seperti sekarang ini yang sudah berantakan tidak menentu."

19. "Kangen sama sahabat-sahabatku. Sayangnya, kini mereka sudah sibuk dengan dunia barunya."

20. "Kangen dengan kehangatan, keakraban, persahabatan, pertemanan dari mereka yang tulus mau berteman dengan diriku. Aku sayang kalian."

 

 

 

 

 

 

3. Kata-Kata buat Teman Saling Mendukung

Pertemanan yang positif adalah teman yang saling mendukung satu sama lain. Sebab hanya dengan begitu pertemanan akan menghasilkan suatu hubungan yang indah dan menyenangkan. Saat dua orang yang berteman saling mendukung, artinya mereka juga sedang saling menguatkan. Berikut ini beberapa kata-kata buat teman yang saling mendukung.

1. "Teman adalah seseorang yang menari bersamamu di bawah matahari dan berjalan bersamamu di kegelapan."

2. "Pertemanan tidak akan terjalin dengan seseorang yang istimewa. Namun, kita jadi istimewa karena adanya teman. Dan temanlah yang membuat kita menjadi lebih istimewa."

3. "Temanmu adalah kebutuhan jiwamu yang terpenuhi. Janganlah ada tujuan lain dari pertemanan kecuali saling memperkaya jiwa" (Kahlil Gibran).

4. "Keindahan pertemanan adalah bahwa kamu tahu kepada siapa kamu dapat mempercayakan rahasia" (Albert Einstein).

5. "Mengkhianati temanmu merupakan hal yang akan kau sesali sepanjang hidupmu."

6. "Seorang teman adalah seseorang yang mengetahui tentang dirimu dan tetap mencintaimu" (Elbert Hubbard).

7. "Manusia yang wajar mesti punya teman, petemanan tanpa pamrih. Tanpa teman hidup akan terlalu sunyi" (Pramoedya Ananta Toer).

8. "Seorang teman adalah seseorang yang memberikanmu kebebasan sepenuhnya pada dirimu" (Jim Morrison).

9. "Hanya teman sejati yang bisa melindungimu dari musuh abadi".

10. "Teman adalah orang-orang langka yang bertanya bagaimana keadaan kita dan kemudian menunggu untuk mendengar jawabannya."

11. "Pertemanan sejati menolak waktu, jarak, dan kesunyian."

12. "Keinginan berteman adalah pekerjaan cepat, tetapi persahabatan adalah ibarat buah yang lambat matang" (Aristoteles).

13. "Dunia adalah tempat yang sangat mengerikan dan seram. Terlebih lagi jika tidak memiliki sahabat."

14. "Sebuah persahabatan yang kuat tidak butuh bertukar kabar atau bertemu setiap hari. Selama persahabatan itu terus hidup di hati masing-masing, teman sejati tidak akan berpisah."

15. "Berjalan dengan seorang sahabat di kegelapan,lebih berarti daripada berjalan sendirian ditempat yang terang banyak cahaya."

16. "Walau bagaimanapun juga, sahabatmu adalah orang yang telah berjasa membangunkanmu dari keterpurukan, menghiburmu saat senang maupun susah. Begitu berartinya ia, dikala engkau tak bisa melihat wajahnya lagi."

17. "Kawan sejati ialah orang yang mencintaimu meskipun telah mengenalmu dengan sebenar-benarnya yaitu baik dan burukmu."

18. "Kau tahu seseorang adalah sahabat sejati ketika kau akan menangis, dia mengatakan hal-hal yang paling konyol hanya untuk melihatmu tersenyum."

19. "Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah."

20. "Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya."

 

 

 

 

 

 

4. Kata-Kata buat Teman Penuh Makna

Pertemanan adalah hubungan yang sangat berharga. Pertemanan memberikan kekuatan untuk seseorang dalam menjalani hidup. Itulah sebabnya, suatu hubungan pertemanan harus dijaga agar tidak kehilangan makna. Untuk memperkuat hubungan pertemanan, berikut beberapa kata-kata buat teman yang penuh makna.

1. "Pertemanan tidak perlu saling mengerti. Karena teman akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti."

2. "Teman yang baik tidak akan mencelakai, tetapi teman yang baik akan menasehati, melindungi, dan tulus mengasihi."

3. "Seorang teman yang mengerti arti dari air matamu jauh lebih berharga daripada banyak teman yang hanya tahu senyum lebarmu."

4. "Momen spesial yaitu momen di mana kamu dan temanmu saling bertatapan dan tahu apa yang kalian pikirkan dan akhirnya tertawa lepas."

5. "Apa yang kita alami demi teman terkadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat pertemanan mempunyai nilai yang indah."

6. "Teman adalah orang yang akan membangunkan kita dari tidur walaupun sedang bermimpi indah."

7. "Teman itu seperti bintang, dia memang tidak selalu terlihat. Tapi dia selalu ada untukmu."

8. "Kita tidak akan pernah tahu kapan tepatnya pertemanan terbentuk. Kita akan hanya selalu tahu bahwa pertemanan telah ada di sana."

9. "Pertemanan adalah salah satu obat terbaik yang tidak dimiliki oleh semua orang. Jadi kau harus mempertahankannya jika kau punya."

10. "Kata-kata itu mudah dibuat, seperti angin, teman yang setia sulit untuk ditemukan" (William Shakespeare)

11. "Sahabat adalah dirimu yang kedua" (Pidi Baiq)

12. "Persahabatan bukanlah sesuatu yang bisa kau pelajari di sekolah. Tapi kalau kau belum belajar memahami maknanya, maka kau belum belajar apapun."

13. "Hadiah terbesar dalam hidup adalah pertemanan, dan saya telah menerimanya" (Hubert Humphrey)

14. "Seorang teman sejati adalah seseorang yang memahami masa lalumu, percaya akan masa depanmu, dan menerima apa adanya dirimu."

15. "Teman sejati seperti bintang. kamu tidak selalu melihat mereka, tetapi kamu tahu mereka selalu ada di sana."

16. "Teman adalah orang-orang langka yang bertanya bagaimana keadaan kita dan kemudian menunggu untuk mendengar jawabannya."

17. "Sahabat tidak perlu harus berbicara setiap hari. Mereka bahkan tidak perlu berbicara selama berminggu-minggu. Tetapi ketika mereka melakukannya, mereka seperti tidak bisa berhenti berbicara."

18. "Aku harap kalian tak melupakan persahabatan kita dulu. Aku kangen memiliki sahabat seperti kalian, karena kalian tidak pernah memandang status sosial."

19. "Sahabat sejati itu adalah sosok yang sulit untuk ditemukan, sulit untuk ditinggalkan dan tak mungkin bisa untuk dilupakan."

20. "Tumbuh terpisah tidak mengubah fakta bahwa kita tumbuh berdampingan untuk waktu yang lama. Dan saat akar-akar kita menjadi semakin kusut, justru itu menjadi sebuah kebahagiaan untukku."

 

 

 

 

 

 

5. Kata-Kata buat Teman yang Islami

Kemudian ada pula kata-kata buat teman yang Islami. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah nasihat dan membuat hubungan pertemanan kalian semakin erat. Berikut kata-kata buat teman yang Islami tersebut:

1. "Persahabatan sering berakhir dengan cinta, tetapi cinta kadang berakhir bukan dengan persahabatan." - BJ Habibie

2. "Bukankah, perjalanan yang seru itu dilihat dari persahabatan yang kita jalin dengan orang-orang baru? Bukankah, perjalanan yang hebat itu diukur dari seberapa banyak pelajaran yang kita ambil dan seberapa banyak kebaikan yang kita berikan?" - Fiersa Besari

3. "Sahabat dalam kesulitan adalah sahabat dalam segala-galanya. Jangan sepelekan persahabatan. Kehebatannya lebih besar daripada panasnya permusuhan." - Pramoedya Ananta Toer

4. "Seorang teman sejati adalah, dia yang memberi nasehat ketika melihat kesalahanmu dan dia yang membelamu saat kamu tidak ada." - Ali bin Abi Thalib

5. "Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

6. "Teman sejatimu adalah orang yang selalu mengingatkanmu untuk peduli terhadap urusan akhiratmu." - Abdul Qadir Jaillani

7. "Orang yang bersedia mengkritikmu, berarti ia peduli tentang persahabatan denganmu. Sementara mereka yang menyembunyikan atau menutup-nutupi kesalahanmu, sesungguhnya mereka tidak peduli apapun tentang kamu." - Ibnu Hazm

8. "Di antara tanda-tanda ukhuwah yang sebenarnya ialah mau menerima kritikan dari teman, menutupi aib teman dan memberi maaf atas kesalahannya." - Imam Syafi'i

9. "Jangan menginginkan persahabatan dari orang yang tak menginginkannya darimu." - Ali bin Abi Thalib

10. "Jumlah teman yang kamu miliki mungkin terlihat banyak ketika kamu menghitungnya, akan tetapi itu akan menjadi sedikit ketika kamu sedang dalam situasi sulit." - Ali bin Abi Thalib

11. "Setiap teman yang engkau tidak mendapatkan faedah kebaikan darinya, maka jauhilah ia." - Malik bin Dinar

12. "Janganlah engkau bersahabat kecuali dengan seseorang yang dapat membantumu untuk mengingat Allah." - Ibnu Mas’ud

13. "Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman, karena mereka memiliki syafa’at pada hari kiamat." - (Hasan Al-Bashri)

14. "Seorang teman sejati adalah dia yang memberi nasehat ketika melihat kesalahanmu dan dia yang membelamu saat kamu tidak ada." - Ali bin Abi Thalib

15. "Jika yang kamu cari adalah seorang teman yang sempurna, maka kamu tidak akan pernah punya teman." - Rumi

16. "Persahabatan itu tidak terbuat dari sesuatu yang besar. Melainkan, dibangun dari hal-hal kecil yang kemudian saat dikumpulkan ternyata menjadi besar." - Tere Liye

17. "Jangan beli persahabatan dengan harta. Karena ia tidak akan kekal dan jangan beli cinta dengan harta karena suatu saat iapun akan berkhianat." - Jefry Al Buchori

18. "Persahabatan lebih kuat dari pada panasnya permusuhan." - Pramoedya Ananta Toer

19. "Banyak hal yang bisa merusak persahabatan, jatuh cinta pada orang yang sama misalnya." - Raditya Dika

20. "Manusia yang wajar mesti punya sahabat, persahabatan tanpa pamrih. Tanpa sahabat hidup akan terlalu sunyi." - Pramoedya Ananta Toer

 

 

 

 

 

 

6. Kata-Kata buat Teman dari Para Tokoh

Dan yang terakhir yaitu afa kata-kata buat teman dari para tokoh terkenal. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah nasihat bijak dari para tokoh terkenal tersebut:

1. "Keindahan persahabatan adalah bahwa kamu tahu kepada siapa kamu dapat mempercayakan rahasia." - Albert Einstein

2. "Bukan karena kurangnya cinta, tapi kurangnya persahabatan yang membuat pernikahan tidak bahagia." - Friedrich Nietzsche

3. "Persahabatan meningkatkan kebahagiaan, dan meredakan kesengsaraan, dengan cara menggandakan kegembiraan kita, dan membagi kesedihan kita." - Marcus Tullius Cicero

4. "Burung punya sangkar, laba laba punya jaring, manusia punya persahabatan." - William Blake

5. "Ingin menjadi teman adalah pekerjaan cepat, tetapi persahabatan merupakan pematangan buah yang lambat." - Aristoteles

6. "Persahabatan tidaklah penting, layaknya filosofi, layaknya seni itu tidak memiliki nilai bertahan hidup; namun merupakan satu dari banyak hal yang memberikan nilai untuk bertahan hidup." - C. S. Lewis

7. "Manusia yang wajar mesti punya sahabat, persahabatan tanpa pamrih. Tanpa sahabat hidup akan terlalu sunyi." - Pramoedya Ananta Toer

8. "Persahabatan pada dasarnya adalah sebuah persekutuan." - Aristoteles

9. "Kemuliaan persahabatan bukanlah uluran tangan, bukan senyuman ramah, maupun sukacita persahabatan, itu adalah inspirasi spiritual yang datang ketika kamu menemukan orang lain yang percaya padamu dan bersedia untuk mempercayaimu dalam persahabatan." - Ralph Waldo Emerson

10. "Persahabatan adalah satu pikiran dalam dua tubuh." - Mencius

11. "Persahabatan sering berakhir dengan cinta, tetapi cinta kadang berakhir bukan dengan persahabatan." - Bacharuddin Jusuf Habibie

12. "Minta maaf tidak selalu berarti kita salah. Itu bisa berarti kita lebih menghargai cinta dan persahabatan diatas ego kita." - Merry Riana

13. "Fakta tidak pernah datang ke dalam sebuah persahabatan dengan keajaiban. Kebenaran menghilangkan keajaiban. Sebuah fakta akan sesuai dengan fakta lainnya di dunia ini, dan itulah caramu untuk mengatakan apakah itu fakta atau bukan. Sebuah kebohongan tidak akan cocok dengan apapun, kecuali dengan kebohongan lainnya." - Robert Green Ingersoll

14. "Persahabatan itu seperti uang, lebih mudah dicari daripada dipertahankan." - Samuel Butler

15. "Perkawinan adalah kematian bagi kebebasan, kreativitas, dan persahabatan. Perkawinan adalah kesedihan, sesal, dan duka cita." - Rajaa al-Sanea

16. "Ingin berteman itu mudah, tetapi persahabatan adalah buah yang lama masaknya." - Aristoteles Onassis

17. "Persahabatan pada dasarnya merupakan obat penyembuh paling mujarab dari pedihnya dikecewakan cinta." - Jane Austen

18. "Sahabat dalam kesulitan adalah sahabat dalam segala-galanya. Jangan sepelekan persahabatan. Kehebatannya lebih besar daripada panasnya permusuhan." - Pramoedya Ananta Toer

19. "Semua cinta tidak sama. Cinta keluarga berbeda dengan cinta spiritual, cinta persahabatan, dan cinta romantis. Intensitas dan perasaan cinta mungkin berbeda, tetapi seharusnya selalu ada." - Erich Fromm

20. "Persahabatan yang paling teguh terbentuk dalam keadaan sama-sama susah; seperti besi paling kuat disatukan oleh nyala api yang paling panas." - Charles Caleb Colton

Itulah 120 kata-kata buat teman sejati yang keberadaannya sangat berharga. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

 

 

 

 

 

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI