7 Jenis Protein Penting Bagi Tubuh Beserta Fungsinya, Apa Saja?

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

7 Jenis Protein Penting Bagi Tubuh Beserta Fungsinya, Apa Saja?
(credit: freepik)

Kapanlagi.com - Protein merupakan sebuah nutrisi penting bagi tubuh manusia. Protein juga menjadi salah satu jaringan tubuh yang berfungsi sebagai sumber bahan bakar. Sehingga manfaat protein sangat dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang besar. Protein juga menjadi bahan bakar menyediakan kepadatan energi sebanyak karbohidrat. Sehingga protein sangat penting bagi tubuh manusia untuk menjalankan fungsi tubuh dengan baik. Asupan protein harian yang dianjurkan untuk perempuan tiap harinya yaitu 56 - 59 gram, sedangkan untuk laki-laki yaitu 62 - 66 gram.

Mungkin selama ini banyak orang yang hanya mengenal protein yaitu protein nabati dan hewani saja, sebenarnya ada jenis protein yang lebih kompleks. Kalian bisa mendapat asupan protein dengan mengonsumsi makanan laut seperti salmon, dan jenis makanan lainnya seperti susu, keju, yogurt, daging, telur, dan kacang-kacangan. Semakin tercukupi kebutuhan protein seseorang, maka akan semakin optimal pula fungsi tubuh. Perlu kalian ketahui pula jika ada banyak jenis protein dalam tubuh dan memiliki fungsi masing-masing. Merangkum dari beberapa sumber, berikut ini jenis protein dan fungsinya bagi tubuh. Yuk langsung saja simak ulasannya.

 

1. Protein Hormon

Jenis protein yang pertama yaitu protein hormon. Jenis protein ini bertugas mengatur tindakan dan fungsi hormon dalam tubuh. Hormon ini bertindak sebagai pembawa pesan kimia yang mengantarkan pesan melalui aliran darah. Contohnya, organ tubuh pankreas menghasilkan hormon insulin.

Nah, hormon insulin inilah yang diproduksi sebagai respons adanya kadar gula darah misalnya habis makan. Hormon insulin akan dikeluarkan pankreas khusus untuk mengikat gula yang ada di darah menuju sel targetnya. Sehingga di darah tidak menumpuk gula.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Protein Enzim

Selanjutnya, jenis protein yang ada dalam tubuh yaitu protein enzim. Enzim sendiri bertugas untuk mendukung terjadinya reaksi kimia di dalam tubuh. Contohnya, saat karbohidrat, protein, lemak di dalam tubuh harus diubah menjadi bentuk yang lebih sederhana supaya dapat diserap oleh tubuh. Untuk mengubah zat tersebut, diperlukan beberapa reaksi kimia yang rumit di dalam tubuh. Reaksi kimia tersebut akan berjalan dengan baik jika terdapat enzim di dalam tubuh.

 

3. Protein Struktural

Protein struktural merupakan jenis protein yang berfungsi untuk mempertahankan struktur dan membangun konstruksi tubuh dari tingkat sel. Protein struktural yang paling umum yaitu kolagen dan keratin. Jika kolagen yang menjadi komponen utama tendon, tulang rawan, dan kulit. Protein keratin juga berfungsi untuk membentuk struktur kulit, kuku, rambut, dan gigi.

 

4. Protein Antibodi

Protein antibodi merupakan jenis protein yang dikenal untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, dan zat asing lainnya. Protein ini bertindak sebagai komponen pembentuk antibodi dalam tubuh. Nah, dengan terpenuhinya kebutuhan protein maka pembentukan antibodi juga akan semakin optimal dan bersifat semakin protektif dan tubuh bisa mempertahankan diri dari penyakit.

 

5. Protein Transport

Jenis protein selanjutnya yaitu protein transport. Protein yang satu ini berfungsi untuk pengantar molekul dan zat gizi dalam tubuh. Misalnya hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengantarkannya ke jaringan tubuh yang membutuhkan. Contoh lainnya adalah lipoprotein yang membantu transportasi lipid atau lemak dalam tubuh.

 

6. Protein Pengikat

Protein pengikat memiliki fungsi untuk mengikat zat gizi dan molekul untuk digunakan nantinya. Protein ini juga bertindak sebagai cadangan makanan yang memberikan energi jika dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya adalah pengikat besi. Tubuh menyimpan besi dalam tubuh dengan feritin. Feritin ini adalah protein yang bertugas pengikat besi. Ketika nantinya besi dibutuhkan lagi untuk membentuk sel darah merah maka besi dalam feritin akan dilepaskan.

 

7. Protein Penggerak

Terakhir, jenis protein yang perlu kalian ketahui yaitu protein penggerak. sesuai dengan namanya, protein ini berfungsi sebagai pergerakan otot dalam tubuh untuk mengatur kekuatan dan kecepatan jantung bergerak dan otot saat berkontraksi. Saat tubuh bergerak, akan terjadi kontraksi otot, saat kontraksi inilah peran protein penggerak dibutuhkan.

Sebagai contoh, ketika kalian menekuk kaki, maka akan melibatkan serabut-serabut otot kalian bergerak. Saat serabut otot bergerak ini sebenarnya terjadi reaksi kimia yang berjalan sangat cepat.

Itulah sederet jenis protein dalam tubuh beserta dengan fungsinya. Adapun fungsi lain dari protein seperti mengatur keseimbangan cairan tubuh, mengendalikan pergerakan air, dan cairan dalam sel, serta melepaskan ion hidrogen untuk mempertahankan tingkat pH tubuh. Semoga bermanfaat.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending