7 Manfaat Air Mawar untuk Merawat Kecantikan, Bikin Tampil Awet Muda

Sabtu, 30 Mei 2020 10:22 Penulis: Dita Tamara
7 Manfaat Air Mawar untuk Merawat Kecantikan, Bikin Tampil Awet Muda
Mnafaat air mawar (credit: liputan6.com)


Kapanlagi Plus - Kulit kusam akibat tumpukan sel kulit mati, sisa makeup maupun kotoran yang menyumbat pori-pori, tentu membuat sebuah penampilan menjadi tidak percaya diri. Setiap kaum hawa pastinya ingin mendapatkan kulit cerah dan sehat. Ada berbagai macam perawatan alami yang bisa mewujudkan kulit nampak cerah. Salah satunya manfaat dari air mawar yang tidak perlu lagi diragukan khasiatnya.

Perempuan selalu ingin tampil cantik dengan cara instan. Bahkan perawatan kecantikan yang dibanderol dengan harga yang sangat mahal di lakukan oleh perempuan demi tampil cantik sesuai yang diharapkan.

Padahal tidak perlu mahal untuk tampil dengan kulit yang cerah dan sehat. Kalian bisa menggunakan air mawar untuk perawatan kulit kalian. Manfaat air mawar diketahui memiliki kandungan bahan antiseptik dan anti bakteri yang bermanfaat karena efek relaksasi untuk kulit. Air mawar juga bersifat anti inflamasi, sehingga baik untuk meredakan peradangan pada kulit. Air mawar mengandung vitamin A, C, dan E yang baik untuk kulit wajah dan dapat membantu melawan proses penuaan kulit.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini penjelasan lengkapnya terkait manfaat air mawar untuk kesehatan.

 

1. Mencerahkan Wajah

Manfaat air mawar untuk kecantikan kulit salah satunya dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang tampak kusam. Hal ini karena air mawar memiliki kandungan vitamin A dan E pada air mawar yang sangat bermanfaat untuk membantu proses eksfoliasi kulit wajah. Sifat antioksidan pada air mawar juga membantu memperkuat sel-sel kulit dan meregenarasi jaringan kulit. 

Oleh sebab itu, rutin menggunakan air mawar bisa mencerahkan kulit dan terhindar dari kulit kusam. Campurkan air mawar dengan susu lalu oleskan ke kulit wajah sebelum tidur di malam hari. Biarkan semalaman dan bangun di pagi hari dengan kulit tampak cerah 

2. Mengurangi Jerawat

Manfaat air mawar untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu mengurangi munculnya jerawat pada wajah. Air mawar diketahui memiliki kadar pH yang sedikit asam, yang dipercaya mampu mengembalikan keseimbangan kadar pH pada kulit.

Selain itu, air mawar juga memiliki kandungan anti bakteri dan antiseptik yang bermanfaat untuk menangani masalah bakteri penyebab jerawat. Meskipun saat ini memang banyak sekali produk air mawar dalam kemasan yang dijual bebas di pasaran. Tapi lebih baik lagi kalau bisa membuatnya sendiri dengan bunga mawar yang masih segar.

3. Mencegah Dehidrasi Pada Kulit

Air mawar juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi pada kulit. Selain itu air mawar baik untuk keseimbangan pH kulit wajah. untuk cara membuatnya, siapkan 1 cangkir kelopak mawar dan 2 cangkir air. Taruh kelopak mawar di mangkuk. Didihkan air, tuangkan dalam mangkuk yang berisi kelopak mawar. Tutup rapat mangkuk, diamkan 30 menit.

Setelah itu, ambil kain lalu saring dan peras air mawar, simpan dalam botol. Air mawar pun siap digunakan. Ada baiknya kalian menyimpan air mawar maksimal satu minggu.

4. Mencegah Penuaan Dini

Air mawar untuk kecantikan kulit salah satunya mencegah penuaan dini. Hal ini di dukung karena air mawar yang telah diolah menjadi minyak esensial yang berasal dari penyulingan kelopak mawar juga memiliki sifat anti bakteri, yang dipercaya dapat mencegah penuaan kulit.

Manfaat air mawar lainnya juga melindungi wajah dari kekeringan dan kusam. Penggunaan minyak esensial mawar dapat mencegah kemunculan bintik-bintik hitam dan memijat wajah secara perlahan dengan minyak esensial mawar juga dapat mencegah kemunculan kerutan dan garis-garis halus.

5. Mata Terlihat Nampak Cerah

Selain manfaat air mawar bisa membantu mencerahkan wajah, manfaat lainnya yang bisa kalian peroleh dengan rutin menggunakan air mawar yaitu dapat mengatasi mata lelah sehingga mata nampak lebih cerah. Kalian cukup mengaplikasikannya menggunakan kapas yang telah diberi air mawar, lalu tempelkan mata daerah mata dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

6. Mengurangi Peradangan Pada Kulit

Selanjutnya, air mawar dapat mengobati kulit iritasi dan meradang. Hal ini karena air mawar mengandung sifat anti inflamasi. Oleh sebab itu, manfaat air mawar bisa membantu untuk mengurangi peradangan dan kulit tetap terjaga. Air mawar ini dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit dan membersihkan kotoran pada pori-pori yang nantinya menjadi penyebab komedo. Mulai sekarang, gunakan air mawar secara rutin untuk kulit agar lebih sehat.

7. Sebagai Toner Wajah

Air mawar selalu dijadikan bahan utama untuk produk kecantikan. Hal ini bisa kalian temui pada beberapa produk toner wajah. Dengan hasil yang lebih alami, kalian bisa membuat sendiri air mawar yang digunakan untuk toner wajah. Cara penggunaan-nya pun cukup sederhana, kalian cukup semprotkan air mawar secara langsung ke wajah, atau bisa juga dengan menuangkan ke kapas terlebih dahulu. Setelah itu, tepuk-tepuk wajah menggunakan air mawar.

Itulah beberapa manfaat air mawar yang terbukti khasiatnya untuk kecantikan. Ada baiknya kalian menggunakannya secara teratur untuk hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI