8 Cara Sit Up yang Benar dan Aman untuk Hasil Maksimal

Selasa, 02 Februari 2021 11:11 Penulis: Dita Tamara
8 Cara Sit Up yang Benar dan Aman untuk Hasil Maksimal
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Olahraga memang menjadi salah satu hal yang penting bagi kesehatan tubuh. Tidak heran bila banyak orang-orang yang saat ini melakukan olahraga demi mendapatkan bentuk tubuh ideal dan juga sehat. Nah, olahraga yang mudah untuk kalian lakukan yaitu sit up. Tak perlu keluar rumah, kalian bisa melakukan olahraga ringan ini di rumah mungkin sambil mendengarkan musik favorit. Bahkan, cara melakukan gerakan sit up pun cukup mudah untuk dilakukan.

Perlu kalian ketahui pula jika ada beragam manfaat sit up untuk kesehatan yang beragam. Gerakan sit up umumnya dapat membentuk otot bagian perut dan dada terlihat lebih ideal. Tak heran apabila sejumlah orang yang melakukan sit up secara rutin memiliki tubuh yang terlihat ideal terutama pada bagian perut dan dada. Selain itu, sit up juga mempunyai beragam manfaat untuk membantu meningkatkan pencernaan asalkan melakukan sit up dengan baik dan benar.

Mungkin, sebagian kalian ada yang belum tahu mengetahui cara sit up yang benar. Sebab, jika kalian melakukannya dengan asal, hal ini dapat melukai tulang belakang dan leher kalian. Untuk itulah, kalian juga harus mengetahui cara sit up yang benar supaya lebih cepat mendapatkan manfaatnya. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Hand To Heels

Cara sit up yang benar yaitu kalian bisa menggunakan cara hand to heels. Supaya lebih jelasnya, simak penjelasan gerakannya berikut ini.

-Siapkan tikar dan berbaringlah kalian di atas tikar. Setelah itu, jaga agar lutut kalian tertekuk, kaki rata di lantai, dan kaki selebar pinggul.

-Rentangkan tangan kalian di atas kepala dan jaga agar selebar bahu. Pastikan punggung bagian bawah kalian dalam posisi miring ke belakang.

-Buang napas dan dorong tubuh bagian atas ke atas. Secara bersamaan, ayunkan tangan kalian dari atas kepala ke sisi tumit.

-Tarik napas dan kembali ke posisi awal.

-Pertahankan pandangan Anda secara diagonal ke atas di langit-langit.

2. Butterfly Sit-ups

Selanjutnya, cara sit up yang benar bisa kalian lakukan dengan menggunakan gerakan butterfly sit-ups. Supaya lebih jelasnya, simak penjelasan gerakannya berikut ini.

-Siapkan tikar dan duduklah di atas tikar. Tekuk lutut kalian dan sejajarkan kaki kalian dengan lantai.

-Selanjutnya, buka paha kalian dan tempelkan telapak kaki kanan berlawanan pada telapak kaki kiri.

-Berbaring dan rentangkan tangan kalian di atas kepala, dan lihat ke langit-langit. Ini adalah gerakan permulaan sit up.

-Buang napas dan tarik tubuh bagian atas pada posisi duduk. Secara bersamaan, ayunkan tangan kalian dari atas kepala hingga tepat di luar jari kaki.

-Tarik napas dan perlahan turun kembali ke posisi awal.

3. Straight Leg Sit-ups

Cara sit up yang benar selanjutnya yaitu dengan straight leg sit ups. Supaya lebih jelasnya, simak penjelasan gerakannya berikut ini.

-Berbaringlah di lantai. Buka kaki selebar pinggul, dan tangan di atas kepala, dan lihat ke langit-langit. Ini adalah posisi awal.

-Buang napas dan tarik tubuh bagian atas ke atas ke posisi duduk. Jaga agar tangan Anda terulur di atas kepala.

-Tarik napas dan gulung kembali ke atas matras.

4. Weighted Sit-ups

Selanjutnya, cara sit up yang benar bisa kalian lakukan dengan menggunakan gerakan weighted sit ups. Supaya lebih jelasnya, simak penjelasan gerakannya berikut ini.

-Kalian dapat melakukan ini menggunakan dumbbell atau piring.

-Duduklah di atas tikar. Jaga agar kaki kalian terbuka selebar pinggul, kaki rata di lantai, punggung lurus, dan bahu santai.

-Pegang beban dengan kedua tangan dan angkat tepat di atas kepala kalian. Pastikan siku kalian sedikit tertekuk.

-Gulung kembali perlahan. Pastikan tulang belakang kalian rata di lantai, dan tangan tepat di atas kepala kalian. Ini adalah posisi awal melakukan sit up.

-Buang napas dan duduk. Jangan mengangkat kaki kalian dari lantai. Jaga punggung supaya lurus. Lihatlah secara diagonal ke langit-langit.

-Tarik napas dan kembali ke posisi awal.

5. V-ups

Cara sit up yang benar yaitu kalian bisa menggunakan cara V-ups. Supaya lebih jelasnya, simak penjelasan gerakannya berikut ini.

-Pertama-tama berbaringlah kalian di lantai. Tekuk lutut kalian, lalu letakkan telapak kaki kalian rata di lantai, serta posisikan tangan di atas kepala kalian, lalu lihat ke langit-langit. Ini merupakan posisi awal melakukan sit up.

-Keluarkan napas perlahan dan tarik tubuh bagian atas ke atas dalam posisi duduk. Tangan harus tetap di atas kepala.

-Tarik napas dan kembalilah ke posisi awal.

6. Oblique V-ups

Selanjutnya, cara sit up yang benar bisa kalian lakukan dengan menggunakan gerakan oblique V-ups atau sit up dengan posisi miring. Supaya lebih jelasnya, simak penjelasan gerakannya berikut ini.

-Persiapkan tubuh kalian untuk berbaring ke arah kanan. Setelah itu, taruh tangan kalian lurus di depan untuk menahan tubuh, sementara tangan kiri menjulur ke arah langit-langit, kaki menyatu, lutut sedikit ditekuk dan kencangkan otot inti.

-Angkat kedua kaki dan tubuh bagian atas, kemudian sentuh kaki kiri kalian dengan tangan kiri.

-Keluarkan napas perlahan dan kembalilah ke posisi awal.

Itulah sederet cara sit up yang benar dan dengan mudah kalian terapkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI