8 Manfaat Buah Ciplukan, Baik untuk Mata - Otak

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

8 Manfaat Buah Ciplukan, Baik untuk Mata - Otak
Buah ciplukan credit: pixabay)

Kapanlagi.com - Buah ciplukan beberapa waktu lalu sedang naik kelas. Pasalnya, buah yang biasa ditemukan di area persawahan ini belakangan bisa ditemukan ditemukan di supermarket. Bahkan, tidak main-main buah berukuran kecil ini dijual dengan harga selangit. Tapi harga yang mahal ternyata sebanding dengan manfaat buah ciplukan yang bermacam-macam.

Selama ini, buah ciplukan banyak dikenal di lingkungan perkampungan. Buah unik dengan pembungkus ini menjadi favorit dari anak-anak di desa. Namun, belakangan tidak hanya warga perkampungan yang mengenalnya. Buah ciplukan sekarang justru dikenal sebagai salah satu buah yang kaya manfaat. Manfaat buah ciplukan di antaranya adalah baik untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat buah ciplukan, yang mungkin belum banyak orang tahu.

 

1. Baik untuk Kesehatan Mata

Selama ini kita mengenal wortel sebagai salah satu jenis sayuran kaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Ternyata, tidak hanya wortel saja yang kaya akan vitamin A. Buah ciplukan juga punya kandungan vitamin A yang tinggi.

Artinya, dengan mengonsumsi buah ciplukan kebutuhan akan vitamin A akan bisa terpenuhi. Dampaknya, mata dan indera penglihatan kita akan terjaga kesehatannya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kaya Antioksidan

Selain kaya akan vitamin A ternyata, buah ciplukan juga kaya akan antioksidan, khususnya konsentrasi ekstrak etanol. Seperti yang kita tahu selama ini, antioksidan akan berperan dalam menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti hepatitis, malaria, rematik, kanker, dermatitis, serta asma.

3. Menjadi Antikanker

Antioksidan dalam buah ciplukan bisa menjadi senyawa antikanker. Di samping itu, dalam buah ciplukan juga terdapat senyawa yang langka bernama withanolides.

Senyawa withanolides juga bisa berfungsi sebagai antioksidan sekaligus sebagai agen antiinflamasi yang bertugas menangkal sel kanker. Senyawa withanolides juga berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga buah ciplukan juga dipercaya bisa menjadi obat dari salah satu penyakit mematikan ini.

Meski begitu, sebaiknya untuk mengonsumsi buah ciplukan sebagai obat kanker, sebaiknya kalian imbangi dengan melakukan konsultasikan dengan dokter. Sebab, mengonsumsi buah ceplukan dalam jumlah banyak bisa menimbulkan efek samping tertentu.

4. Menjaga kesehatan Jantung

Manfaat buah ciplukan berikutnya adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena dalam buah ciplukan juga terkandung vitamin B1 (Thiamin). Kandungan vitamin ini akan membantu proses produksi asetilkolin, neurotransmitter yang kemudian akan disampaikan ke otot dan saraf.

Padahal, kekurangan vitamin B1 bisa mengakibatkan penurunan neurotransmitter dan mengakibatkan detak jantung yang tidak teratur. Dengan begitu, mengonsumsi buah ciplukan diyakini bisa menjauhkan kita dari risiko gagal jantung.

5. Baik di Konsumsi Ibu Hamil

Selain vitamin dan antioksidan, buah ciplukan ternyata juga mempunyai kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.

Dikutip dari merdeka.com, seorang wanita hamil membutuhkan sekitar 27 mg zat besi setiap hari. Konsumsi buah ciplukan secara rutin bisa memenuhi kebutuhan zat besi selama masa kehamilan.

6. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Tidak hanya kaya akan vitamin A dan B1, buah ciplukan ternyata juga kaya akan vitamin C. Sebagaimana yang kita tahu, vitamin C mempunyai peran yang besar dalam mendukung imunitas tubuh. Dikutip dari liputan6.com, dalam satu cangkir (140 gram) buah ciplukan bisa mengandung 15,4 mg vitamin C. Jumlah tersebut merupakan 21% kebutuhan harian vitamin C untuk wanita dan 177% untuk pria.

Kemampuan buah ciplukan dalam meningkatkan imun tubuh juga didukung oleh adanya kandungan polifenol. Polifenol sendiri merupakan senyawa antioksidan yang bertugas mengatasi peradangan saat kekebalan tubuh terganggu.

7. Mengatasi Nyeri dan Peradangan

Manfaat buah ciplukan selanjutnya adalah bisa mengatasi berbagai nyeri dan peradangan. Hal ini karena dalam buah ciplukan mengandung banyak senyawa yang bisa bermanfaat untuk mengatasi nyeri, seperti rematik dan nyeri sendi.

Senyawa dalam buah ciplukan diyakini bisa meningkatkan aliran darah ke daerah yang mengalami nyeri akibat peradangan. Dengan begitu, rasa nyeri akan berangsur-angsur menghilang. Bahkan, tidak hanya peradangan di tulang dan sendi, senyawa withanolides dalam ciplukan juga bisa mengatasi peradangan yang terjadi di usus.

8. Turunkan Kolesterol

Kolesterol selama ini memang menjadi salah satu momok yang menakutkan untuk kesehatan beberapa orang. Sebab seperti yang kita tahu, timbunan kolesterol dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung koroner dan stroke. Namun, kalian tidak perlu khawatir sebab salah satu manfaat buah ciplukan ternyata bisa mengendalikan kolesterol.

Kandungan senyawa dalam buah ciplukan diyakini bisa turunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, bagi yang mempunyai kekhawatiran akan kolesterol, bisa coba mengonsumsi buah ciplukan secara rutin.

Itulah 8 manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang barang kali belum kalian tahu. Bisa jadi buah bernama ilmiah physalis ini bisa jadi solusi dari masalah kesehatan kalian.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending