6 Karakteristik INFP sang MBTI Mediator, Jago Membawa Pembicaraan


Berita | Kamis, 11 Juli 2024 17:33

Kapanlagi.com - MBTI menjadi tes kepribadian yang sangat populer. Dalam tes MBTI, kepribadian manusia dibagi ke dalam 16 tipe, berdasarkan kecenderungan terhadap empat dimensi yaitu Ekstroversi atau Introversi, Intuisi atau Indra, Pemikiran atau Perasaan, dan Penilaian atau Pengamatan. Berdasarkan analisis itu, terdapat satu tipe kepribadian yang disebut MBTI mediator.


Dalam tes kepribadian MBTI, yang tergolong dalam tipe mediator MBTI INFP. Sesuai dengan namanya, MBTI mediator dikenal sebagai sosok yang bisa memediasi atau memfasilitasi pembicaraan. Hal ini menjadikan INFP yang tergolong kepribadian introvert. Namun tak sekadar pandai memandu pembicaraan, MBTI mediator INFP juga mempunyai beberapa ciri atau karakteristik khas lainnya.

Penasaran, seperti apa ciri atau karakter INFP sang MBTI mediator? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Idealis dan Kreatif

Karakter MBTI Mediator Idealis dan Kreatif (credit: unsplash)

Sebagai MBTI mediator, INFP menjadi tipe kepribadian yang cenderung idealis dan memiliki sifat kreatif yang tinggi. Mereka yang tergolong dalam INFP memiliki kecenderungan untuk suka berimajinasi. Hal ini membuat mereka mampu menciptakan cerita-cerita yang hidup dalam pikiran mereka.

2 dari 7 halaman

2. Punya Empati Tinggi

Karakteristik INFP atau MBTI mediator yang kedua di antaranya memiliki rasa sensitif yang tinggi terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain. Mereka sering kali merasa dorongan kuat untuk membantu orang lain dalam situasi yang sulit.

Selain itu, mereka juga memiliki kepekaan yang mendalam terhadap keindahan musik, seni, alam, serta orang-orang di sekitar mereka.

3 dari 7 halaman

3. Tidak Suka Konflik

Karakter MBTI Mediator Tidak Suka Konflik (credit: unsplash)

Menurut tes MBTI, INFP juga sangat tidak menyukai konflik. INFP mempunyai kecenderungan untuk menghindari situasi yang dapat menciptakan konflik. Mereka yang tergolong INFP sangat menghargai harmoni dan keseimbangan. INFP juga lebih suka mencari solusi damai daripada terlibat dalam pertengkaran atau perselisihan.

Bagi INFP, menjaga kedamaian dan keharmonisan dalam hubungan sangat penting. Sehingga, mereka yang punya kepribadian INFP akan berusaha untuk menghindari atau mengatasi konflik dengan cara yang tidak merugikan kedua belah pihak.

4 dari 7 halaman

4. Mudah Merasa Kesepian

Sebagai sosok yang cenderung introvert, orang dengan tipe kepribadian INFP sering kali mengalami perasaan kesepian atau merasa tidak terlihat oleh orang lain. Hal ini sering kali membuat INFP terkadang merasa terombang-ambing atau terabaikan di dunia.

5 dari 7 halaman

5. Kesulitan dengan Kritik

Karakter MBTI Mediator Kesulitan dengan Kritik (credit: unsplash)

Sebagai tipe MBTI mediator, kepribadian INFP juga sering kali merasa sangat mudah terpengaruh oleh kritik atau komentar negatif yang mereka terima dari orang lain.

Saat mendapatkan kritik, INFP cenderung memproses dan merenungkan komentar-komentar tersebut dalam diri mereka. Akibatnya, INFP sering kali merasa terbebani dan putus asa. Jika tidak teratasi, hal ini dapat mengakibatkan perasaan terluka dan membuat mereka merasa kewalahan dengan emosi negatif yang timbul.

6 dari 7 halaman

6. Kesetiaan dan Kasih

Karakter MBTI Mediator Kesetiaan dan Kasih (credit: unsplash)

INFP adalah tipe kepribadian mediator yang memiliki sifat setia dan penuh kasih, terutama terhadap orang-orang yang mereka cintai. Mereka memiliki kecenderungan untuk memberikan pujian dan dukungan kepada orang lain, serta berharap mendapatkan hal yang sama sebagai balasannya.

MBTI INFP juga dikenal tulus dalam hubungan interpersonal. Mereka yang punya kepribadian INFP selalu siap memberikan dedikasi penuh kepada orang-orang terdekat dalam hidup mereka.

INFP juga berusaha untuk menciptakan ikatan yang kuat dan bermakna dengan orang-orang yang mereka anggap penting dalam hidup mereka. Kejujuran, kepercayaan, dan kesetiaan adalah nilai-nilai yang sangat dikedepankan oleh MBTI mediator INFP ini.

Itulah di antaranya ulasan terkait karakteristik MBTI mediator, INFP. Semoga bermanfaat, bisa menambah wawasan, dan dapat menjawab rasa penasaran selama ini.

(kpl/psp)

Topik Terkait