Arti Ramadhan Kareem: Penjelasan dan Maknanya pada Bulan Ramadhan

Sabtu, 18 Juni 2022 09:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Ramadhan Kareem: Penjelasan dan Maknanya pada Bulan Ramadhan
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Bulan Ramadhan merupakan sebuah bulan yang penuh dengan berkah luar biasa. Bukan hanya dapat diampuni segala dosa kita, pada bulan istimewa ini, kita juga akan mendapatkan ribuan pahala. Namun, apakah KLovers tahu dengan arti Ramadhan Kareem?

Ya, kata Ramadhan Kareem sendiri sering sekali kita dengar bila bulan Ramadhan mulai datang. Arti Ramadhan Kareem sendiri adalah, bulan Ramadhan yang murah hati. Namun, apakah kata Ramadhan Kareem sendiri tepat untuk diucapkan pada bulan Ramadhan?

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan tentang arti Ramadhan Kareem yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Beserta dengan makna dari bulan Ramadhan itu sendiri. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Arti Ramadhan Kareem

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, secara bahasa Kareem artinya adalah murah hati. Al Karim juga merupakan salah satu dari 99 Asmaul Husna yang mencerminkan keagungan Allah SWT. Al Karim juga bisa dimaknai sebagai zat yang sangat banyak memiliki kebaikan, Maha Pemurah, Pemberi Nikmat dan keutamaan, baik saat diminta atau pun tidak.

Sehingga, dapat diartikan bahwa, arti Ramadhan Kareem adalah "Ramadhan yang bermurah hati" atau bisa juga menjadi sebuah ungkapan bahwa, "semoga Ramadhan bermurah hati padamu". Namun, beberapa orang menganggap bahwa, kata Ramadhan Kareem kurang tepat sebagai ungkapan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Hal ini karena, Ramadhan tidak bisa bersifat murah hati, melainkan Allah SWT yang memberi kemurahan hati di bulan Ramadhan. Segala jenis kebaikan, pahala, dan kemurahan hati, diberikan oleh Allah SWT lewat bulan Ramadhan. Jadi, akan lebih tepat bila kita tidak menyebutkan Ramadhan Kareem ya KLovers.

Kalian bisa menyebutkan Ramadhan Mubarak sebagai ganti Ramadhan Kareem. Hal ini karena, Ramadhan Mubarak memiliki arti "Ramadhan yang diberkati" atau "Ramadhan yang bahagia". Mubarak bisa digunakan untuk menyapa dengan sopan selama bulan suci Ramadhan. Ucapan ini bisa digunakan untuk mendoakan dengan baik selama puasa dan doa dan untuk memohon berkah atas usaha.

 

 

2. Makna Bulan Ramadhan

Selain KLovers mengetahui arti Ramadhan Kareem, KLovers juga bisa mengetahui makna dari bulan Ramadhan itu sendiri. Ramadhan memiliki makna yang luar biasa bagi umat muslim di seluruh dunia. Hal ini karena, bulan Ramadhan adalah sebuah bulan yang penuh akan keberkahan. Dan berikut ini makna dari bulan Ramadhan itu sendiri.

1. Bulan yang Penuh Kedermawanan

Pada bulan Ramadhan, Nabi Muhammad SAW memberi keteladanan terbaik dengan banyak bersedekah dan menjadi orang yang paling dermawan pada bulan suci ini. Umat islam dianjurkan untuk bersedekah serta di akhir puasa yaitu sebelum hari raya Idul Fitri dengan menunaikan zakat fitrah bagi orang yang mampu.

2. Bulan Pengampunan Dosa

Kita pasti sangat tahu bahwa, bulan Ramadhan menjadi sebuah bulan pengampunan dosa dan mendapatkan banyak ribuan pahala. Segala kebaikan dalam bulan Ramadhan akan mendapatkan jutaan balasan dari Allah SWT. Rasulullah SAW pun bersabda,

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan hanya mengharap pahala, dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. al-Bukhari).

Allah SWT menjanjikan pengampunan segala dosa dan kebebasan dari siksa api neraka terhadap orang orang yang berpuasa karena keimanannya dan semata mata untuk mengharap ridha-Nya.

3. Bulan Penuh Kesabaran

Selama berpuasa umat islam diwajibkan untuk menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar, dan tahan akan adanya ujian. Rasulullah SAW bersabda,

"Puasa (Ramadhan) merupakan perisai dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka." (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).

4. Malam Lailatul Qadar

Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Itulah malam Lailatul Qadar (QS. 97: 1). Malam Lailatul Qadar ini tentunya menjadi suatu malam yang paling diinginkan oleh semua umat muslim. Hanya orang orang yang beramal sholeh yang bisa mendapatkan malam ini.

5. Bulan Turunnya Alquran

Al Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadhan, tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan. Al Quran merupakan petunjuk dan pedoman hidup yang harus diimani oleh setiap muslim. Malam pertama kalinya diturunkan Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW disebut juga dengan Nuzulul Quran.

Itulah penjelasan tentang arti Ramadhan Kareem yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Bukan hanya arti Ramadhan Kareem saja, KLovers juga bisa mengetahui perbedaan Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak. Beserta dengan makna pada bulan Ramadhan.

 

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI