Jangan Tinggalkan Sholat Tarawih, Berikut 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

Jangan Tinggalkan Sholat Tarawih, Berikut 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Bulan Ramadhan, identik dengan pelaksanaan sholat tarawih bagi umat muslim. Sholat tarawih sendiri merupakan ibadah yang dilakukan pada saat bulan Ramadhan tiba. Tidak heran, jika pada bulan Ramadhan, masjid maupun musholla dipenuhi oleh umat muslim untuk melaksanakan sholat tarawih berjamaah.

Sholat tarawih digolongkan ke dalam sholat malam dan dengan mengerjakan sholat tarawih, kita bisa mendapatkan keistimewaan bulan Ramadhan itu sendiri. Hukum sholat tarawih yaitu sunnah muakkad dan di anjurkan secara berjamaah. Dalam hukum, sunnah muakkad yang artinya sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Meskipun begitu, kebanyakan orang masih enggan melaksanakan sholat tarawih dan memilih meninggalkannya. Padahal, melaksanakan sholat tarawih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat sholat tarawih ini akan dirasakan ketika rajin melaksanakan sholat tarawih. Lalu apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini.

 

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Berbuka puasa umumnya mengonsumsi makanan yang cenderung manis. Padahal hal ini tentu saja bisa menyebabkan tingginya kadar gula darah pada tubuh, apalagi penderita diabetes. Makanan manis secara berlebih yang disantap ketika berbuka puasa dapat mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh.

Ketika menjalankan ibadah sholat tarawih, hal ini akan membantu menurunkan kadar gula darah karena sholat tarawih memiliki fungsi fisiologis yang mirip dengan olahraga. Jadi ketika melakukan sholat tarawih, maka seseorang akan melakukan gerakan-gerakan  pada sholat sama hal nya seperti olahraga yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Membakar Kalori

Tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, sholat tarawih bermanfaat membantu membakar kalori. Hal ini lantaran pada saat melakukan sholat tarawih, maka seseorang akan melakukan gerakan-gerakan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Jika, kalian termasuk orang yang jarang berolahraga pada saat bulan puasa, melakukan sholat tarawih dapat menjadi solusi selain manfaat lainnya mendapatkan pahala.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat lainnya yang diperoleh ketika menjalankan ibadah sholat tarawih yaitu dapat meningkatkan fungsi otak. Shalat tarawih yang rutin dilakukan bisa meningkatkan peredaran darah ke otak dan menjaga suplai nutrisi yang dibutuhkan otak sehingga otak bisa bekerja secara optimal. Hal ini akan membantu untuk lebih berkonsentrasi terutama saat bekerja meskipun sedang berpuasa.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat penting lainnya dari sholat tarawih yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini lantaran ketika melakukan gerakan shalat tarawih secara rutin, maka tubuh akan menjaga keseimbangan detak jantung dan menimbulkan rasa nyaman. Selain itu, menurut sebuah penelitian, shalat tarawih memiliki efek yang sama dengan latihan kardio atau senam jantung.

5. Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Ketika menjalankan ibadah puasa, maka seseorang ingin tetap memiliki stamina yang prima pada saat menjalani ibadah puasa. Memiliki manfaat seperti olahraga, sholat tarawih ternyata juga mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh sehingga membuat tubuh tidak mudah lelah ataupun mengantuk di siang hari. Hal ini tentu tidak akan mengganggu aktivitas kalian meskipun sedang berpuasa.

6. Menyehatkan Tulang dan Persendian

Ketika melaksanakan sholat tarawih, maka seseorang akan menjalankan beberapa rakaat pada sholat tersebut. Hal tersebut jika dilakukan secara rutin, maka akan membantu menyehatkan tulang dan juga persendian. Mengapa demikian? Karena pada sholat tarawih, maka seseorang akan melakukan gerakan-gerakan yang tentunya baik untuk tubuh terutama bagi tulang dan persendian.

7. Membantu Meningkatkan Mood

Mood berantakan dapat disebabkan karena beberapa hal. Untuk mengembalikan mood tersebut agar tidak mudah marah dan kesal, sebaiknya kalian melakukan sholat tarawih. Hal ini bisa menjadi salah satu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan mood baik karena pada saat sholat, tubuh terutama otak akan melepaskan senyawa endhorpin yang bisa meningkatkan perasaan nyaman dan membuat mood menjadi lebih baik.

8. Menambah Daya Tahan Lansia

Bertambahnya usia, maka aktivitas yang dilakukan seseorang akan semakin terbatas karena tulangnya menjadi semakin tipis, dan memiliki risiko menderita osteoporosis. Hal ini bisa di antisipasi dengan melakukan gerakan-gerakan pada sholat tarawih. Maka, kekuatan fleksibilitas sendi, otot, serta respon kardiovaskular akan meningkat. Oleh sebabnya akan membuat daya tahan orang lanjut usia akan meningkat.

Itulah tadi merupakan deretan manfaat sholat tarawih yang baik bagi kesehatan. Tidak hanya mendapatkan manfaat bagi kesehatan, akan tetapi banyak manfaat lainnya yang di dapatkan bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya, dengan mengetahui manfaatnya, menjadikan kita tidak meninggalkan sholat tarawih yang banyak memiliki keistimewaan ini. Semoga bermanfaat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending