Efektif, 6 Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kamis, 24 September 2020 11:44 Penulis: Dhia Amira
Efektif, 6 Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Saat musim panas, matahari memang menjadi permasalahan utama bagi sebagian wanita Indonesia. Mencari cara melindungi kulit diri sinar matahari memang menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan agar kulit tidak belang.

Tentu saja ada beberapa cara yang efektif untuk melindungi kulit dari sinar matahari, sehingga kulit tidak belang atau berubah menjadi gelap secara keseluruhan. Kira-kira apa saja ya cara tersebut? Dilansir dari berbagai ini 6 cara melindungi kulit dari sinar matahari. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Sunscreen

Cara melindungi kulit yang pertama yaitu dengan mengenakan sunscreen. Yup! Bila kalian harus keluar saat siang hari maka sunscreen merupakan salah satu hal yang wajib dikenakan. Hal ini karena sunscreen mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Saat siang, sinar matahari tidak akan baik untuk kulit, sehingga melindungi kulit dari sinar matahari menggunakan sunscreen adalah hal yang penting. Kalian wajib mengenakan sunscreen dengan SPF minimal 30.

Penggunaan sunscreen sebaiknya dilakukan pada pukul 10 pagi hingga 4 sore. Dan gunakan sunscreen ini 20 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.

2. Produk Kecantikan Dengan SPF

Selain sunscreen, kalian juga wajib loh mengenakan produk kecantikan dengan SPF. Saat ini sudah banyak sekali produk kecantikan yang memiliki kandungan SPF cukup tinggi.

KLovers di rumah bisa melihat produk kecantikan seperti, BB cream, foundation, pelembab, primer yang memiliki kandungan SPF. Namun walaupun sudah ada kandungan SPF, tetapi kalian harus tetap mengenakan sun protection terpisah untuk perlindungan yang optimal.

3. Kenakan Topi

Selain mengenakan produk sun protection kalian juga wajib mengenakan sesuatu yang dapat melindungi diri dari sinar matahari loh, salah satunya yaitu topi. Yup! topi memang menjadi salah satu hal yang wajib dikenakan bila kalian berada di luar ruangan.

Kalian dapat mengenakan topi lebar untuk melindungi wajah dari pantulan sinar matahari. Selain itu topi juga sangat baik untuk melindungi kepala secara langsung agar rambut tidak mudah rusak karena pantulan sinar matahari.

4. Hindari Baju Terbuka

Selain topi kalian juga harus memperhatikan pakaian yang kalian kenakan loh KLovers. Mengenakan pakaian terbuka akan membuat kulit semakin terkena pancaran sinar UV.

Sehingga mengenakan pakaian yang sedikit tertutup, seperti jaket adalah sebuah solusi yang baik agar kulit tidak terkena pantulan sinar matahari secara langsung. Tetapi walaupun sudah ditutup dengan pakaian tertutup, mengenakan sunscreen tetap diwajibkan ya KLovers.

5. Baju Dengan UPF

Tidak mengenakan baju yang sembarang, ternyata kalian bisa mengenakan baju tertentu untuk melindungi diri dari pantulan sinar matahari. Dan hal ini tentu menjadi salah satu cara melindungi diri dari sinar matahari yang efektif.

Baju dengan UPF (ultraviolet protection factor) sangat baik dikenakan ketika kalian melakukan aktivitas di luar ruangan. Kalian bisa mengenakan pakaian seperti, T-shirt warna putih dengan kadar UPF 5, sedangkan spandeks berkualitas khusus yang didesain untuk berada di luar ruangan memiliki kadar UPF 50 atau lebih.

Kalian bisa menghindari pakaian dengan bahan material seperti, will dan denim. Hal ini karena bahan tersebut mampu menyaring sinar UV lebih banyak daripada material tipis seperti linen.

6. Kurangi Konsumsi Makanan Olahan

Ternyata makanan olahan dapat menjadi salah satu hal berpengaruh loh dalam melindungi kulit dari sinar UV. Yup! Makanan olahan diketahui dapat mempengaruhi kualitas kulit.

Sehingga mengurangi makanan yang mengandung lemak jahat, gula, corn oil, sou oil, dan makanan yang digoreng dapat melindungi kulit dari sunburn. Selain itu makanan-makanan tersebut juga dapat membuat tampilan kulit lebih baik, serta mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Itulah 5 cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari saat musim panas. Bila tidak memiliki keperluan yang penting, ada baiknya untuk menghindari bepergian pada saat sinar matahari sangat berbahaya untuk kesehatan kulit.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI