Meski Enak, Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Karena Dapat Merusak Kulit

Sabtu, 04 Juli 2020 11:22 Penulis: Dita Tamara
Meski Enak, Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Karena Dapat Merusak Kulit
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Banyak dari kalian yang fokus melakukan perawatan kulit dari luar saja, namun tidak diimbangi dengan menjaga kesehatan kulit dari dalam. Tahukah kalian, jika menjaga kulit tanpa diimbangi asupan makanan yang benar dapat merusak kulit lho. Ya, tidak semua makanan aman untuk dikonsumsi. Ada kalanya kita juga mencari tahu jenis makanan yang harusnya dihindari untuk tetap menjaga kesehatan kulit.

Bagi sebagian orang, tak tanggung-tanggung untuk merogoh kocek melakukan perawatan kulit. Namun, kalian juga harus tahu jika ada beberapa makanan yang memang harus di hindari demi kondisi kesehatan kulit. Apalagi, kalau makanan tersebut adalah salah satu menu favorit kalian, nah tentunya harus ekstra kuat untuk menghindarinya.

Kita tahu bahwa kulit menjadi salah satu bagian tubuh yang paling dijaga bagi sebagian orang. Hal ini tentunya untuk memperlihatkan kesehatan kulit yang dapat menambah tingkat kepercayaan diri seseorang. Oleh sebabnya, mulai sekarang biasakan untuk menghindari beberapa makanan yang dapat merusak kulit. Lalu apa saja makanan yang harus dihindari? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Camilan Asin

Sering kali kita dihadapkan oleh berbagai camilan asin yang tentunya enak ketika dinikmati. Bahkan, sampai orang tidak bisa berhenti mengunyah camilan asin. Namun, untuk melindungi kulit kalian, ada baiknya mulai sekarang hindari terlalu banyak mengonsumsi camilan asin.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Camilan asin mengandung banyak garam. Nah, garam sendiri salah satu penyebab utama dehidrasi kulit terjadi. Dehidrasi kulit merupakan suatu kondisi dimana kulit menjadi kering dan menyebabkan penuaan dini pada seseorang. Jika kalian tidak ingin terjadi kerusakan pada kulit dan ingin menjaganya agar selalu tetap sehat, mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan yang banyak garam.

2. Makanan Pedas

Selain camilan asin, bagi kalian pecinta pedas harus mengetahui bahwa makanan pedas dapat menyebabkan kulit menjadi tidak sehat. Hal tersebut telah dilakukan oleh beberapa penelitian ke beberapa orang dengan kondisi wajah berjerawat dan kondisi seseorang dengan benjolan kemerahan yang biasanya kecil, merah, dan berisi nanah di wajah.

Kondisi ini bisa menjadi indikasi terlalu banyak rasa panas pada sistem tubuh. Jadi, ketika mengonsumsi makanan pedas maka akan semakin memperburuk kondisi ini. Apabila kalian sudah memiliki masalah kulit, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi makanan pedas.

3. Daging Merah

Selanjutnya, ternyata daging merah juga merupakan makanan yang kurang baik untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi daging merah dapat menyebabkan munculnya jerawat dan penuaan dini. Hal ini lantaran daging merah mengandung karnitin tingkat tinggi yang dapat mengeraskan dinding pembuluh darah, pada akhirnya menyebabkan penuaan dini. Jika daging merah salah satu makanan favorit kalian, untuk itu cobalah sedikit demi sedikit untuk mengurangi mengonsumsi daging merah.

4. Cupcake

Siapa sih yang tidak tergoda dengan bentuk menggemaskan dari cupcake? Pasti ketika dihadapkan oleh cupcake yang berwarna-warni kalian sudah tidak sabar untuk mencicipinya. Namun sayangnya, makanan dengan cita rasa manis ini termasuk salah satu makanan yang dapat merusak kulit. Hal ini karena cupcake mengandung banyak gula yang dapat memperburuk keadaan kulit dan memicu timbulnya keriput pada wajah.

5. Mayones

Mayones adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam, dan cuka. Biasanya, dijadikan salah satu bahan penting untuk membuat salad dan hamburger. Nah, keberadaan mayones sendiri sangat digemari bagi pecinta makanan kekinian. Namun, perlu kalian ketahui jika mengonsumsi mayones dapat memicu kemunculan jerawat. Hal ini karena mayones kaya akan minyak omega 6 dan penyebab meningkatnya proses inflamasi munculnya jerawat pada wajah.

6. Gorengan

Berbagai jenis makanan gorengan memang seringkali menarik perhatian. Rasanya yang gurih membuat gorengan banyak digemari. Namun, yang perlu kalian tahu, mulai sekarang harus membatasi mengonsumsi gorengan. Hal ini lantaran gorengan mengandung lemak jenuh yang dinamakan trans fat. Nah, jika ini dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa menimbulkan peradangan dan masalah pada kulit. Oleh sebabnya, mulailah untuk memperhatikan jumlah minyak yang digunakan.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa menyebabkan kulitmu tidak sehat dan rusak. Jadi mulai sekarang untuk mengurangi mengonsumsinya ya. Nah, adakah dari makanan di atas yang menjadi favorit kalian?

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI