10 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Secara Tepat dan Alami

Selasa, 17 November 2020 12:44 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Secara Tepat dan Alami
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil seringkali mengalami permasalahan rasa mual yang berlebih. Hal ini terjadi lantaran adanya peningkatan kadar hormon esterogen hingga perubahan metabolisme yang memicu rasa mual itu muncul. Kondisi ini tidak hanya terjadi di pagi hari, melainkan juga dapat terjadi di siang, sore, bahkan malam hari hingga sepanjang hari. Hal ini tentunya membuat ibu hamil merasa lelah dan lemas.

Meskipun kehamilan merupakan momen yang sangat menyenangkan, namun seringkali rasa mual di awal kehamilan tentu menjadi tantangan tersendiri. Hal ini biasanya juga berimbas pada nafsu makan bumil yang menurun. Padahal, ibu hamil tetap harus banyak membutuhkan nutrisi harian untuk kebaikan bumil dan calon buah hati.

Biasanya untuk mengatasi masalah tersebut, obat mual memang menjadi pilihan utama untuk bumil yang terus menerus mengalami mual. Akan tetapi, tentu saja tak semua ibu hamil mau mengonsumsi obat mual lantaran satu dan lain hal. Untuk itu, cara mengatasi mual saat hamil bisa diatasi secara alami. Kalian juga bisa mencoba mengalihkan rasa mual dengan melakukan cara sederhana yang telah dirangkum sebagai berikut ini.

 

1. Menghindari Minum Saat Sedang Makan

Cara mengatasi mual yang pertama yaitu dengan membiasakan diri menghindari minum saat sedang makan. Sebab, terlalu banyak makan dan memaksa terus minum hal ini akan menyebabkan mual. Oleh sebab itu, ibu hamil untuk menghindari minum saat sedang makan. Ada baiknya untuk menghabiskan makanan terlebih dahulu, setelah itu baru minum.

 

2. Konsumsi Jahe Hangat

Saat sedang hamil, mual akan menjadi permasalahan yang sering dialami. Cara mengatasi mual saat hamil yaitu dengan mengonsumsi jahe hangat. Caranya, kalian cukup tambahkan irisan tipis jahe segar ke dalam air hangat. Lalu, minumlah hingga rasa mual mereda. Alternatif lainnya yaitu mencampur perasan jahe dengan susu hangat ataupun teh. Dengan begitu, mual pada ibu hamil akan teratasi.

 

3. Lemon Kering

Selanjutnya, cara mengatasi mual saat hamil yaitu dengan memanfaatkan lemon kering. Kalian cukup membakar irisan lemon di atas api kecil dan kemudian keringkan di bawah terik matahari. Lalu giling lemon kering menjadi bubuk halus. Setelah itu, campur dengan air panas setiap kali kalian merasa ingin muntah.

Kalian juga dapat mengeringkan irisan lemon langsung di bawah sinar matahari selama 3-4 hari dan kemudian menggilingnya menjadi bubuk. Ramuan tradisional ini dapat membantu menyembuhkan mual dan morning sickness.

 

4. Tetap Terhidrasi

Jika makan banyak membuat ibu hamil terus menerus mual, cara mengatasi mual saat hamil yaitu dengan meningkatkan asupan cairan. Hal ini akan membantu tubuh supaya tetap terhidrasi dengan baik.

Saat memilih asupan cairan, ada baiknya kalian menghindari minuman manis dan pastikan mengonsumsi makanan dan minuman tinggi kalium seperti pisang, apel, melon, dan air kelapa. Selain itu, kalian juga bisa mengonsumsi seperti sup ayam yang menyegarkan.

 

5. Makan dengan Porsi Sedikit Tapi Sering

Tidak bisa dipungkiri mual saat hamil tentu membuat nafsu makan berkurang. Hal ini lantaran ibu hamil kerap merasakan kembung karena asam lambung yang meningkat. Untuk mengatasi rasa mual tak tertahankan ini, ibu hamil tetap harus makan demi memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Solusinya, bumil tetap harus makan dengan porsi sedikit namun sering. Selain itu, ada baiknya untuk selalu menyediakan camilan untuk menahan rasa mual dan jangan sampai membiarkan perut kosong ya.

 

6. Olahraga Kecil

Cara mengatasi mual saat hamil selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga kecil. Ya, kalian tak perlu memforsir diri dengan berolahraga berat. Jadi, selama kehamilan kalian bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki di pagi hari. Cara ini bisa mengurangi rasa mual atau morning sickness selama hamil. Ada baiknya, kalian melakukan olahraga ringan selama 20 menit sehari untuk mengatasi mual.

 

7. Menghindari Makanan Pedas dan Berlemak

Saat hamil, sangat penting untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Selain sebagai pemenuhan kebutuhan nutrisi harian, pemilihan menu makanan saat hamil juga berpengaruh pada rasa mual. Nah, cara mengatasi mual saat hamil, baiknya bumil menghindari makanan berlemak dan makanan yang pedas, karena dapat meningkatkan kinerja perut.

 

8. Menghirup Aromaterapi

Sensitifitas indera penciuman akan meningkat drastis saat hamil, sehingga ibu hamil akan rentan mual saat mencium aroma yang tak disukai. Nah, hiruplah wewangian beraroma terapi yang dapat membuat bumil rileks. Kalian bisa mencoba minyak esensial yang dapat meredakan mual seperti peppermint, lemon, jeruk, dan spearmint.

 

9. Mengatur Pernapasan

Biasanya, rasa mual hamil dipicu oleh berbagai hal seperti makanan dan bau-bau yang menyengat. Nah, untuk mengatasi rasa mual akibat hal terebut, bumil bisa melakukan pengaturan pernapasan. Cara ini dilakukan dengan menarik napas dalam-dalam, lalu menghembuskannya secara perlahan. Cara ini tidak hanya mampu meredakan mual, tapi juga baik untuk menenangkan diri.

 

10. Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi mual saat hamil yang paling sederhana untuk dilakukan yaitu dengan istirahat yang cukup. Selain itu, carilah tempat yang nyaman untuk berbaring dan menenangkan diri. Dengan begitu, ibu hamil bisa merilekskan otot-otot tubuhnya supaya rasa mual tidak datang lagi.

Itulah sederet cara mengatasi mual saat hamil. Jika bumil merasakan mual, dengan segera bisa melakukan cara di atas ya. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI