7 Makanan Ramah Bagi Penderita Tipes, Bisa untuk Pemulihan Tubuh

Senin, 19 Oktober 2020 20:11 Penulis: Nurul Wahida
7 Makanan Ramah Bagi Penderita Tipes, Bisa untuk Pemulihan Tubuh
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Ada sejumlah makanan ramah bagi penderita tipes yang bisa membantu memulihkan kesehatan tubuh. Sebab kandungan nutrisi dan vitamin dalam makanan tertentu diyakini dapat meringankan gejala tipes hingga memulihkan kembali kesehatan tubuh. Makanan ini juga dapat menjadi salah satu pilihan mengatasi sakit tipes secara alami.

Tipes merupakan gangguan kesehatan yang menyerang tubuh akibat infeksi bakteri bernama salmonella typhi. Penyakit ini juga familiar dikenal dengan sebutan demam tifoid. Selain itu tubuh dapat terpapar bakteri tersebut melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Saat tubuh mengalami penyakit tipes ada beberapa gejala yang ditimbulkan diantaranya yakni demam, diare, sakit kepala, hingga sakit perut.

Tak dapat dianggap sepele, penanganan tipes yang terlambat bisa menyebabkan munculnya risiko lebih tinggi terakit penyakit tersebut. Meski sebagian besar disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi bakteri, namun ada sederet makanan ramah bagi penderita tipes. Tak hanya itu saja, makanan ini juga cocok untuk pemulihan setelah mengalami tipes.

Lalu apa saja makanan ramah bagi penderita tipes?

Adapun makanan ramah bagi penderita tipes serta baik untuk pemulihan terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Makanan ini bisa menjadi pilihan kalian untuk membantu penyembuhan tipes secara maksimal. Berikut 7 makanan ramah bagi penderita baik untuk pemulihan dirangkum dari berbagai sumber.

1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Makanan ramah bagi penderita tipes yang pertama adalah memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Kandungan karbohidrat tersebut dapat membantu meringankan gejala penderita tipes. Sebab saat mengalami gangguan penyakit tersebut salah satu gejala yang dirasakan penderitanya adalah diare. Dimana diare menyebabkan frekuensi buang air besar lebih sering dari  biasanya hingga fases terlihat lebih encer.

Makanan mengandung karbohidrat tersebut termasuk makanan setengah padat yang mudah dicerna sekaligus mencegah gejala diare. Sejumlah makanan kaya karbohidrat seperti nasi, kentang, telur rebus bisa menjadi pilihan bagi penderita tipes seperti melansir dari doctor.ndtv.com.

2. Makanan Mengandung Air

Makanan ramah bagi penderita tipes selanjutnya adalah makanan mengandung air. Makanan mengandung air tersebut dapat memulihkan kesehatan tubuh bagi penderita tipes. Sebab ketika mengalami tipes, diperlukan cairan lebih banyak untuk mencegah dehidrasi. Sehingga salah satu cara mencegah dehidrasi adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan

Sejumlah makanan mengandung air tinggi yang bisa menjadi pilihan bagi penderita tipes diantaranya yakni buah-buahan segar dengan kandungan air seperti semangka, melon, anggur. Selain itu ada beberapa makanan lainnya yang bisa menjadi pilihan yakni seperti air kelapa muda, kaldu sayuran, ataupun air jeruk nipis seperti melansir dari medlife.com.

3. Makanan Mengandung Kalori

dapat memberikan kekuatan dan meningkatkan energi bagi penderita tipes seperti melansir dari medlife.com. Sejumlah makanan berkalori tinggi diantaranya yakni kentang rebus, pisang, nasi rebus, pasta serta roti putih dapat menjadi pilihan. Namun sebelum konsumsi makanan tersebut pastikan untuk konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kesehatan agar menghindari risiko kesehatan lainnya jika memiliki alergi terhadap makanan mengandung kalori.

4. Susu

Sejumlah produk susu seperti yogurt, susu, keju cottage juga termasuk makanan ramah bagi penderita tipes. Sebab makanan tersebut mengandung protein yang bermanfaat bagi penderita tipes termasuk memulihkan penyembuhan tubuh setelah mengalami gangguan kesehatan ini. Selain itu makanan tersebut cukup mudah dicerna bagi tubuh. Selain mengandung protein produk susu juga memiliki nutrisi sehat dan vitamin yang bermanfaat  bagi tubuh. Namun untuk mendapat khasiat maksimal, konsultasi dengan dokter kesehatan perlu dilakukan agar memperoleh saran tepat.

5. Makanan Kaya Protein

Makanan ramah untuk penderita tipes serta baik bagi pemulihan tubuh selanjutnya adalah makanan kaya protein. Meski sebelumnya diketahui produk susu mengandung protein tinggi yang bermanfaat bagi penderita tipes, ada sejumlah makanan kaya protein lainnya tak kalah menawarkan manfaat serupa. Makanan ini cocok dikonsumsi terutama bagi kalian yang termasuk vegetarian. Diantaranya yakni kacang polong yang juga menawarkan manfaat serupa dengan kandungan protein tinggi.

6. Makanan Kaya Asam Lemak Omega-3

Makanan kaya asam lemak omega-3 cukup ramah untuk penderita tipes serta baik bagi pemulihan tubuh. Sejumlah makanan kaya asam lemak omega-3 tersebut diantaranya yakni seperti hidangan laut, kacang-kacangan, biji-bijian, ataupun sayur berdaun hijau. Kandungan asam lemak omega-3 tersebut diketahui dapat membantu mengurangi peradangan tubuh yang cocok bagi pemulihan penderita tipes. Tak hanya untuk tipes, makanan kaya asam lemak omega-3 juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya sehat bagi mata, mengontrol berat badan, mencegah kanker dan lain sebagainya.

7. Makanan yang Harus Dihindari Penderita Tipes

Setelah mengetahui sejumlah makanan ramah bagi penderita tipes, perlu juga tahu beberapa makanan yang harus dihindari. Adapun makanan yang harus dihindari bagi penderita tipes terdapat dalam beberapa poin di bawah ini seperti melansir dari medlife.com.

- Makanan tinggi serat.

- Makanan mengandung minyak.

- Makanan pedas.

- Makanan penyebab kembung.

Nah itulah 7 makanan ramah bagi penderita tipes baik untuk pemulihan tubuh. Selain konsumsi makanan di atas menjaga kebersihan diri dan menerapkan pola hidup sehat perlu dilakukan untuk mencegah penyakit tipes. Selain itu konsultasi dengan dokter kesehatan diperlukan terlebih dulu agar mendapat manfaat maksimal dan saran tepat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI