8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Kesuburan Wanita

Selasa, 02 Juni 2020 11:11 Penulis: Dita Tamara
8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Kesuburan Wanita
Manfaat susu kedelai (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Tahukah kalian dengan manfaat susu kedelai? Kacang kedelai sendiri merupakan salah satu jenis polong-polongan yang sering dikonsumsi masyarakat. Biasanya, kacang kedelai sering diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti tahu, tempe, kecap, susu, dan lainnya.

Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat susu kedelai baik untuk kesehatan hingga kecantikan. Hal tersebut lantaran susu delai mengandung asam lemak omega3 esensial dan flavonoid yang merupakan sifat antioksidan, antiinflamasi, dan kardioprotektif. Kandungan susu kedelai ini membuat susu kedelai menjadi minuman sehari-hari yang disarankan untuk dikonsumsi.

 

 

1. Mencegah Obesitas

Obesitas merupakan suatu kondisi yang dihindari bagi setiap orang. Obesitas sendiri merupakan kondisi kronis akibat penumpukan lemak pada tubuh. Jika dibiarkan tentu hal ini akan berdampak buruk seperti timbulnya penyakit hipertensi, diabetes, dan jantung.

Isoflavone pada susu kedelai memiliki efek hormonal yang dapat menghambat adipogenesis yang dapat menurunkan pelebaran dari jaringan lemak. Selain itu juga mampu mempengaruhi menurunnya kadar kolesterol. Oleh sebabnya, konsumsi secara rutin susu kedelai akan berdampak baik dalam menurunkan berat badan.

2. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis dapat menyebabkan keroposnya tulang. Hal tersebut jika tidak di atasi dapat menyebabkan patah tulang. Ada cara alami untuk menguatkan tulang dengan mengonsumsi minum susu kedelai. Terlebih akan sangat bermanfaat bagi wanita post menopause. Hal ini karena wanita post menopause akan kurangnya kalsium dalam tubuh yang dapat menyebabkan munculnya osteoporosis.

3. Mencegah Kanker Prostat

Kanker merupakan salah satu penyakit momok yang paling menakutkan. Dilansir dari halodoc, kanker prostat merupakan sel-sel kelenjar prostat berubah menjadi sel ganas yang menyebabkan prostat membesar, keras, dan berbenjol-benjol. Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kencing pria.

Susu kedelai menjadi solusi terbaik untuk melakukan pencegahan. Susu kedelai juga sebagai sumber fitoestrogen, hormon tanaman yang unik dan dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Dengan meminum susu kedelai merupakan langkah yang mudah untuk dilakukan.

4. Untuk Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit terutama kulit wajah tentunya hal yang paling diharapkan oleh semua orang. Seringkali beberapa orang dihadapkan oleh masalah kesehatan kulit akibat jerawat, kulit gelap dan lainnya.

Hal tersebut dapat membuat menurunkan tingkat kepercayaan diri pada seseorang. Tidak ada salahnya jika kalian memulai beralih ke diet kaya kedelai. Susu kedelai dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi (suatu kondisi penggelapan kulit) maupun jerawat.

5. Mencegah Sembelit

Jika kalian termasuk seseorang yang selalu bermasalah terhadap pencernaan, mengonsumsi susu kedelai dapat mencegah sembelit. Hal ini lantaran kandungan protein, lemak dan karbohidrat. Selain itu susu kedelai memberikan manfaat baik bagi tubuh. Manfaat ini didapatkan dari kandungan isoflavone yang ada di dalamnya. Isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai juga baik meningkatkan absorpsi usus yang dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

6. Meningkatkan Imun Tubuh

Meningkatkan imun sangat penting bagi tubuh agar terhindar dari beberapa penyakit maupun virus. Cara meningkatkan imun tubuh salah satunya dengan rutin mengonsumsi susu kedelai. Susu yang sangat bergizi ini kaya akan antioksidan sehingga mampu untuk meningkatkan sistem imun.

7. Meningkatkan Kesuburan

Kedelai dapat meningkatkan hasil kesuburan pada wanita yang mencoba untuk hamil atau menjalani perawatan kesuburan. Dalam sebuah studi di 36 wanita yang tidak memiliki periode dalam enam bulan, mereka yang mengambil 6 gram sehari bubuk kedelai hitam memiliki tingkat ovulasi dan siklus menstruasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kedelai.

8. Kesehatan Jantung

Cara menjaga kesehatan jantung yang mudah untuk dilakukan yaitu dengan rutin mengonsumsi susu kedelai. Hal tersebut karena kandungan protein, yang telah terbukti memiliki efek mencegah berbagai gangguan kesehatan. termasuk untuk kesehatan jantung terutama pada pria berusia lanjut.

Itulah beberapa manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh. Oleh sebabnya, rutin mengonsumsi susu kedelai salah satu cara alami yang baik untuk mencegah beberapa kemungkinan penyakit yang muncul, daripada harus ketergantungan dengan obat medis. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI