9 Manfaat Rebusan Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Tingkatkan Kesuburan Wanita - Mengobati Kanker

Selasa, 30 Juni 2020 18:11 Penulis: Dita Tamara
9 Manfaat Rebusan Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Tingkatkan Kesuburan Wanita - Mengobati Kanker
Manfaat rebusan daun sirsak (credit: pinterest)


Kapanlagi Plus - Bagi sebagian orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah sirsak. Buah yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam menyegarkan ini bisa dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dahulu. Biasanya banyak orang yang mengolah menjadi jus yang menyegarkan, Namun tahukah kalian? Ternyata tidak hanya buahnya saja yang memiliki banyak khasiat. Manfaat rebusan daun sirsak juga tidak kalah menarik untuk dibahas. Rebusan daun sirsak juga banyak dikonsumsi sebagai salah satu ramuan obat tradisional yang baik bagi kesehatan.

Manfaat rebusan daun sirsak digunakan sebagai obat herbal yang cukup populer di kalangan masyarakat. Untuk mendapatkan manfaatnya, biasanya daun sirsak direbus terlebih dahulu, kemudian air rebusan daun sirsak dikonsumsi sebagai obat. Nah, Lalu, apa saja manfaat rebusan daun sirsak yang perlu diketahui? Daripada penasaran, berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Pengobatan Kanker

Daun sirsak dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit. Salah satunya adalah kanker. Daun sirsak sendiri dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan acetogenin pada sirsak dapat membantu pengobatan pasien pengidap penyakit kanker.

Cara mengolahnya pun cukup mudah. Pertama-tama rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Kemudian rebus dan sisakan hingga tersisa setengah gelas saja. Selain itu, kalian bisa mengonsumsinya setiap hari.

2. Mengobati Kolesterol

Manfaat rebusan daun sirsak bagi kesehatan tubuh dipercaya mampu mengobati kolesterol. Kolesterol umumnya diperlukan untuk tubuh. Akan tetapi jika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh sebabnya, untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya untuk rutin mengonsumsi rebusan daun sirsak setiap hari supaya mendapatkan manfaat dengan cepat.

3. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Bagi kalian yang sedang melakukan program hamil, sangat tepat untuk mengonsumsi air rebusan sirsak. Hal ini karena manfaat rebusan daun sirsak baik untuk kesuburan wanita, sehingga merangsang kehamilan lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, rutin mengonsumsi rebusan daun sirsak juga dapat melancarkan menstruasi, sehingga siklus menstruasi tidak terganggu. Jika kalian tidak terlalu menyukai rasa dari air rebusan daun sirsak, kalian bisa menambahkan gula jawa atau madu secukupnya.­

4. Mengobati Kista Ovarium

Kista menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi para kaum wanita. Kista ovarium sendiri adalah benjolan atau kantong berisi cairan yang berkembang di indung telur wanita. Kista juga tergolong tumor jinak dan dapat berkembang menjadi kanker. Ternyata, rebusan daun sirsak mempunyai banyak manfaat yang luar biasa termasuk mengobati kista. Ada baiknya untuk rutin mengonsumsi rebusan air sirsak setiap harinya.

5. Mengobati Anemia

Anemia salah satu kondisi kurangnya sel darah merah atau sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh. Ini menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh. Hal ini menyebabkan munculnya beberapa gejala seperti kelelahan, kulit pucat, sesak nafas, pusing, atau detak jantung cepat.

Untuk mengobati kondisi di atas, kalian bisa memperoleh dari manfaat rebusan daun sirsak yang mampu mengobati anemia. Hal ini lantaran daun sirsak memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi dan dapat meningkatkan jumlah sel darah merah.

6. Mengobati Paru-Paru

Selanjutnya manfaat rebusan daun sirsak sering digunakan untuk mengobati penyakit paru-paru. Daun sirsak mengandung acetogenin yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Daun sirsak ini dapat mengatasi penyakit paru-paru basah maupun kering.dengan begitu, mulailah untuk rutin mengonsumsi rebusan daun sirsak untuk mencegah maupun mengatasi penyakit paru-paru.

7. Mengobati Rematik

Rematik salah satu kondisi yang disebabkan oleh peradangan kronis. Umumnya, rematik menyebabkan nyeri pada sendi-sendi di kedua sisi tubuh, diikuti kekakuan sendi. Rematik bisa disertai pembengkakan, merah, dan terasa panas pada daerah yang nyeri. Penyakit yang biasanya diderita oleh orangtua ini bisa diatasi dengan ramuan rebusan daun sirsak. Hal ini lantaran daun sirsak dapat mengatasi dan sebagai obat anti nyeri akibat rematik.

8. Baik untuk Penderita Diabetes

Diabetes salah satu penyakit kronis dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula. Meskipun kadar gula salah satu sumber energi utama bagi sel tubuh manusia, namun, jika glukosa terlalu menumpuk di dalam darah dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh lainnya. Rebusan daun sirsak juga dipercaya dalam membantu mengatasi gula darah bagi penderita diabetes.

9. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau masalah sulit tidur sering mengganggu bagi kebanyakan orang. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan kurang tidur, depresi, kecemasan, kurang olahraga, atau akibat obat-obatan tertentu. Manfaat rebusan daun sirsak dapat mengatasi insomnia yang selama ini mengganggu kualitas tidur kalian. Hal ini karena daun sirsak memiliki kemampuan membuat otot menjadi rileks dan menjadi tenang sehingga mudah tidur.

Itulah sederet manfaat rebusan daun sirsak yang baik bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI