Mitos Punya 9 Nyawa, Ini Fakta Kucing Bisa Selamat Saat Jatuh dari Ketinggian

Jum'at, 03 Januari 2020 07:25 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Mitos Punya 9 Nyawa, Ini Fakta Kucing Bisa Selamat Saat Jatuh dari Ketinggian
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Awal-awal, kamu mungkin khawatir dengan kebiasaan kucing kesayangan yang suka kelayapan dan sering ketahuan bersantai di atap rumah, tembok, tepi jendela atau pohon. Kebiasaan bertengger di tempat-tempat tinggi dan kemampuannya bertahan hidup bikin banyak orang mempercayai mitos kalau kucing tuh punya 9 nyawa. Faktanya, ternyata kelebihan ini lho yang jadi modal kucing bertahan hidup saat jatuh dari ketinggian.

Mengandalkan naluri dan fokus

(c) shutterstock(c) shutterstock

Dibandingkan hewan peliharaan lain, kucing punya naluri bertahan hidup yang kuat. Kebanyakan kucing nggak akan melompat dari tempat tinggi yang kemungkinan bakal membahayakan diri sendiri. Selain itu, kucing juga punya kemampuan untuk memusatkan perhatian pada apapun yang menarik minatnya dan emang nggak takut pada ketinggian.

Refleks alami

(c) shutterstock(c) shutterstock

Di alam liar, kucing sering bertengger di atas pohon untuk mengintai mangsa atau menghindari predator. Saat akan terjatuh, kucing punya refleks alami yang membuat tubuhnya bisa berputar di udara dengan memposisikan kakinya selalu berada di bawah saat mendarat.

Benturan dengan permukaan tanah pun bisa dicegah berkat tulang punggung yang fleksibel, kaki belakang yang kuat dan berat badan yang rendah. Dampak jatuhnya bisa diredam, bikin kucing bisa selamat saat jatuh dari ketinggian.

Tetap bisa terluka, lho

(c) shutterstock(c) shutterstock

Walau punya kemampuan untuk bertahan hidup saat jatuh dari tempat yang tinggi, kucing masih berisiko mengalami cedera, lho. Uniknya, kemungkinan terluka justru lebih besar saat jatuh dalam jarak yang lebih pendek daripada tempat yang lebih tinggi. Jarak yang lebih pendek nggak memberi kucing cukup waktu untuk mengatur postur tubuh agar bisa tetap survive.

Sebagai pemilik kucing yang doyan berpetualang, wajib waspada kalau melihat kucing peliharaan lagi berada di ketinggian. Selain mencegah kucing berkeliaran di dekat jendela yang terbuka, balkon, atau tembok tinggi, jangan lupa memprioritaskan kesehatannya agar kemampuan fisiknya tetap terjaga.

Salah satu caranya dengan memberikan cat food berkualitas seperti Muezza. Bukan cuma punya cita rasa dan aroma yang bikin kucing lahap makan, tapi juga mengandung nutrisi yang sehat dan seimbang. Terbuat dari bahan-bahan alami yang diolah dengan teknologi modern, Muezza bebas dari bahan sintetik yang dapat mengganggu kesehatan kucing.

(c) Muezza(c) Muezza

Punya 4 varian yang bisa dipilih seperti Tuna, Salmon, Ocean Fish dan Mackerel, Muezza juga sudah dilengkapi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Selain kucing jadi lebih sehat, pemilik kucing pun nggak bakal khawatir saat terkena liur hewan peliharaannya. Memegang cat food secara langsung, membersihkan wadah makan hingga menyimpannya pun jadi lebih leluasa.

Tunggu apalagi, berikan cat food terbaik dari Muezza yang bisa kamu dapatkan secara online via Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI