50 Kata-Kata Bijak Para Tokoh Soal Kehidupan, Penuh Makna

Penulis: Dhia Amira

Diperbarui: Diterbitkan:

50 Kata-Kata Bijak Para Tokoh Soal Kehidupan, Penuh Makna
Ilustrasi (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Kata-kata bijak merupakan sebuah nasihat yang diberikan pada banyak orang yang kadang ingin menyerah, yang selalu mengeluh, dan takut untuk menghadapi kehidupan. Kata-kata bijak biasanya diberikan oleh para tokoh penting di suatu negara, komunitas, ataupun agama, karena tak semua orang dapat membuat kata-kata bijak. Hal tersebut karena tidak semua orang bisa menilai sebuah kehidupan yang dijalaninya.

Dan inilah 50 kata-kata bijak yang diambil dari beberapa tokoh penting, dan merupakan tokoh yang dapat memberikan pelajaran terbaik. Dilansir dari berbagai sumber, ini kata-kata bijak yang mungkin dapat mengubah hidupmu.

 

 

1. Buya Hamka

Kata-kata bijak pertama datang dari tokoh penting di Indonesia yaitu Haji Abdul Malik Karim Amrullah, atau sering dikenal dengan nama . Menjadi salah satu tokoh islam yang terkenal di Indonesia, yang karya tulisannya hingga kini masih terus dikembangkan dan sering menjadi rujukan oleh semua lapisan masyarakat.

Dan inilah beberapa kata bijak milik beliau yang dapat menggetarkan hati dan memberikan arti kehidupan.

1. Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian anda dapat.

2. Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku seperti orang yang terus memeras jerami untuk mendapatkan santan.

3. Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan.

4. Di belakang kita berdiri satu tugu yang bernama nasib, di sana telah tertulis rol yang akan kita jalani.

5. Kata-kata yang lemah dan beradab dapat melembutkan hati dan manusia yang keras.

6. Al-Quran yang dibaca baik-baik adalah tanda jiwa yang kenyang akan makanan bergizi.

7. Satu hati lebih mahal dari pada senyuman. Satu jiwa lebih berharga dari pada sebentuk cincin

8. Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat.

9. Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjat lah yang tidak pernah jatuh. Yang takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

10. Agama tidak melarang sesuatu perbuatan kalau perbuatan itu tidak merusak jiwa. Agama tidak menyuruh, kalau suruhan tidak membawa selamat dan bahagia jiwa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Ustaz Jeffry Al Buchori

Tokoh selanjutnya yaitu Ustaz Jeffry Al Buchori. Merupakan seorang ustad kondang di indonesia, dan memberikan banyak inspirasi semasa hidupnya membuat ustaz Jeffry selalu dirindukan hingga saat ini. Tetapi walaupun begitu, inilah beberapa kata-kata bijak yang beliau berikan untuk menjadi sebuah pelajaran dan nasihat hidup.

11. Semakin berkuasa manusia semakin banyak ego yang dipertontonkan.

12. Jika kita mencintai seseorang, berusahalah cintai kekurangannya, bukan hanya mengubahnya seperti yang kita mau.

13. Letak ilmu ada pada pengamalan bukan pada ketinggian. Karena ketinggian identik dengan kecongkakkan.

14. Lidah yang panjangnya tiga inci boleh membunuh manusia yang tingginya enam kaki.

15. Esok pasti ada tetapi esok belum pasti untuk kita. Beringat-ingatlah untuk menghadapi esok yang pastikan mendatang.

16. Lidahmu adalah benteng mu, jika engkau menjaganya maka ia akan menjagamu, dan jika engkau membiarkannya maka ia tidak akan mempedulikanmu.

17. Ketakutan adalah penjara bernama kegagalan. Taklukkan rasa takut karena sukses adalah hak pemberani.

18. Pada dasarnya manusia itu makhluk yang memiliki sifat lemah lembut dan cerdas, hanya saja dalam perjalanannya nafsu yang tidak baik telah mengotorinya.

19. Akar segala perselingkuhan adalah tidak puas dengan pasangan dan tipisnya iman.

20. Gantungkan azam dan semangat mu setinggi bintang di langit dan rendahkan hatimu serendah mutiara di lautan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Bob Marley

Penyanyi reggae legendaris di era 70an dan 80an membuat Bob Marley menjadi seorang penyanyi reggae yang terkenal hingga saat ini. Bob Marley juga dikenal sebagai aktivis dan filantropi yang dihormati oleh seluruh dunia.

Dan telah banyak kutipan kata-kata bijak Bob Marley sepanjang hidupnya yang terkenal. Dan inilah beberapa kutipan tersebut,

21. Jangan pertaruhkan dunia dan hilangkan jiwamu, kebebasan lebih baik daripada perak atau emas.

22. Kamu seharusnya tidak menyerah terhadap apapun yang terjadi padamu. Maksudku, kamu seharusnya menggunakan apapun yang terjadi padamu sebagai alat untuk naik, bukan turun.

23. Kebesaran seseorang bukan diukur dari seberapa banyak kekayaannya, tapi integritas dan kemampuannya untuk mempengaruhi sekitar secara positif.

24. Pengecut terbesar adalah pria yang membangunkan cinta seorang wanita tanpa bermaksud untuk balas mencintainya.

25. Jangan menilai, sebelum kamu menilai dirimu. Jangan menilai, jika kamu belum siap untuk dinilai.

26. Kenyataannya adalah, semua orang akan menyakiti mu. Kau hanya perlu menemukan seseorang yang layak dibayar dengan rasa sakit mu.

27. Permulaan biasanya menakutkan, dan bagian akhir biasanya adalah kesedihan, namun semuanya di antara kedua hal tersebut sungguh layak untuk dijalani.

28. Kamu berkata kamu suka hujan, tapi kamu menggunakan payung untuk berjalan di bawahnya.

29. Kamu berkata kamu suka matahari, tapi kamu mencari perlindungan ketika matahari bersinar.

30. Dia mungkin bukan yang paling populer atau yang paling cantik, tapi jika kau mencintainya dan dia membuatmu tersenyum, apa lagi yang penting?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib merupakan tokoh penting dalam agama islam, dan merupakan khalifah keempat yang berkuasa pada tahun 656 sampai 661. Dia termasuk golongan pemeluk Islam pertama dan salah satu sahabat utama Nabi.

Telah banyak kata-kata bijak milik Ali bin Abi Thalib yang terkenal hingga saat ini. Dan inilah beberapa diantaranya.

31. Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia.

32. Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukai mu tidak butuh itu. Dan yang membenci mu tidak percaya itu.

33. Hati manusia adalah seperti binatang buas. Barang siapa hendak menjinakkannya, akan di terkamnya.

34. Telan lah amarahmu sebab kau tidak pernah menemukan minuman yang dapat meninggalkan rasa lebih manis dan lebih lezat daripada itu.

35. Orang yang berdoa tanpa beramal sama halnya seperti pemanah tanpa busur.

36. Orang yang hanya berpikir bagi kepentingan perutnya saja maka harga dirinya serupa dengan apa yang keluar dari isi perutnya.

37. Sifat pemarah adalah musuh utama akal.

38. Yang paling mampu memaafkan ialah orang yang paling berkuasa untuk menghukum.

39. Jadilah orang yang dermawan tapi jangan menjadi pemboros. Jadilah orang yang hidup sederhana, tetapi jangan menjadi orang yang kikir.

40. Keberanian seseorang sesuai dengan kadar penolakannya terhadap perbuatan jahat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. BJ Habibie

Dan tokoh terakhir yaitu datang dari Indonesia dan merupakan presiden ke 3 Republik Indonesia. BJ Habibie telah banyak berjasa untuk Indonesia, dalam setiap kebijakannya. Dan inilah beberapa kata-kata bijaknya dari BJ Habibie untuk masyarakat Indonesia yang tentu saja banyak memberi inspirasi bagi siapapun yang membacanya.

41. Ketika seseorang menghina kamu itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamu, bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka.

42. Tanpa cinta kecerdasan itu berbahaya, dan tanpa kecerdasan cinta itu tidak cukup.

43. Kegagalan hanya terjadi bila kita menyerah.

44. Belajarlah mengucap syukur dari hal-hal baik di hidupmu. Belajarlah menjadi kuat dari hal-hal buruk di hidupmu.

45. Hiduplah seperti anda akan mati besok dan berbahagialah seperti anda akan hidup selamanya.

45. Kesempurnaan tidak datang dengan sendirinya. Kesempurnaan harus diupayakan. Kesempurnaan harus dinilai. Proses dan hasil pekerjaan harus diawasi.

46. Kebahagiaan dan kesedihan tergantung bagaimana kita menyikapinya.

47. Kepada apa pun yang terhidang di hadapan, itu adalah sebuah kenyataan.

48. Saya yakin bahwa saya tidak mempunyai hak sebagai manusia untuk mengakhiri kehidupan. Itu adalah hak prerogative dari Tuhan Yang Maha Esa.

49. Tak perlu yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuat Anda bahagia dan berarti lebih dari siapapun.

50. Kekurangan terhadap pasangan, menjadi sesuatu yang membuat hubungan seharusnya saling melengkapi.

Itulah 50 kata-kata bijak dari para tokoh yang ada. Kata-kata bijak yang mereka berikan adalah sebuah nasehat yang diberikan untuk tetap menjalani hidup dengan baik dan selalu positif.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending