6 Manfaat Buah Tin, Buah dari Surga yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 14 Juni 2020 11:22 Penulis: Dhia Amira
6 Manfaat Buah Tin, Buah dari Surga yang Baik untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat buah tin (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Buah tin atau bisa juga disebut dengan buah ara ini merupakan buah yang memiliki tekstur lembut dan juga manis. Bila sudah di petik, buah tin harus segera dimakan, karena teksturnya yang lembut tersebut akan mudah cepat rusak. Selain menjadi buah yang baik untuk dikonsumsi ternyata manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh juga sangat banyak loh KLovers.

Dalam islam buah tin telah disebut dalam Al-Quran dalam bentuk surat, lalu buah tin atau buah ara juga disebutkan dalam kitab Injil Matius pasal 11 dan Lukas pada pasal 13. Selain itu buah tin atau buah ara juga disebutkan dalam kitab Taurat pada pasal ke 8 di tanah perjanjian. Buah tin memiliki banyak sekali manfaat, dan manfaat buah tin tersebut salah satunya yaitu untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat apa saja itu? Inilah 6 manfaat buah tin bagi kesehatan tubuh yang wajib kalian ketahui.

 

1. Mencegah Sembelit

Salah satu manfaat buah tin untuk kesehatan yaitu dapat mengatasi sembelit. Buah yang tergolong kecil ini dapat mengatasi sembelit, karena di dalam buah tin memiliki kandungan khusus yang membantu memperlancar fungsi usus.

Serat buah tin yang bekerja untuk menambah massa di dalam usus ini akan membuat usus terangsang untuk bergerak, sehingga menyebabkan sembelit maupun diare dapat dicegah dan menghilang. Maka dari itu, bila kalian memiliki masalah sembelit atau diare kalian bisa mengonsumsi buah tin untuk obat alaminya.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah tin yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung di dalam tubuh. Karena di dalam buah tin terdapat kandungan yang dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah partikel lemak dalam darah yang menjadi penyebab utama penyakit jantung.

Selain memiliki kandungan yang dapat mengurangi kadar trigliserida, buah tin juga memiliki kandungan fenol, asam lemak omega-3, serta asam lemak omega-6. Dan semua zat tersebut dapat dengan baik mengurangi risiko penyakit jantung di dalam tubuh. So, bila kalian ingin mempunyai jantung yang sehat maka bisa mengonsumsi buah tin secara rutin.

3. Menurunkan Kolesterol

Selain dapat mencegah penyakit jantung, nyatanya manfaat buah tin juga dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal tersebut karena, buah tin mengandung pektin atau serat larut yang diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol. Serat larut ini dapat membersihkan kelebihan kolesterol dalam sistem pencernaan.

Selain itu buah tin juga mengandung vitamin B6 yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin. Dan zat serotin ini merupakan zat yang mampu mengontrol serta menurunkan kadar kolesterol berlebih di dalam tubuh. Selain buah tin yang yang segar, kalian juga bisa mengonsumsi buah tin kering untuk mengatasi kolesterol. Karena di dalam buah tin kering terdapat kandungan pitosterol yang mengurangi sintesis kolesterol alami dalam tubuh.

4. Membantu pertumbuhan Tulang

Ternyata manfaat buat tin yang lainnya yaitu dapat membantu memperkuat pertumbuhan tulang. Hal ini karena, di dalam buah tin banyak sekali kandungan kalsium, kalium, dan magnesium yang dapat memberikan nutrisi pada tulang di dalam tubuh. Selain itu kandungan buah tin juga dapat meningkatkan kepadatan tulang pada anak-anak atau orang dewasa.

Dan hal ini sangat baik untuk mencegah terjadinya osteoporosis terutama bagi wanita dan juga lansia. Lalu kalsium pada buah tin sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, maka dari itu untuk memberikan nutrisi pada tulang, maka kalian bisa mengonsumsi buah tin.

5. Mencegah Kanker

Manfaat buah tin yang lainnya yaitu dapat mencegah kanker. Hal tersebut karena di dalam buah tin terdapat kandungan asam lemak dan fenol yang dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit. Selain itu, kandungan enzim proteolitik pada buah tin juga dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker di lambung.

Lalu, karena kandungan serat di dalam buah tin lebih banyak dari buah lainnya, maka buah tin dapat meminimalisasi risiko kanker payudara bila dikonsumsi rutin saat remaja atau awal dewasa. Karena kandungan serat yang besar inilah dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker perut dan usus besar.

6. Daya Tahan Tubuh

Dan manfaat buah tin yang terakhir yaitu dapat menjadi daya tahan tubuh yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Karena di dalam buah tin terdapat kandungan antioksidan berupa fenolik. Kandungan ini dapat memperkaya lipoprotein dalam plasma yang dapat melindungi diri dari oksidasi atau radikal bebas.

Selain itu antioksidan ini juga berfungsi sebagai pelindung sel di dalam tubuh dalam menangkal zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu bila ingin memperkuat daya tahan tubuh, maka kalian bisa mengonsumsi buah tin secara rutin.

Itulah 6 manfaat buah tin yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain memiliki kandungan gizi yang banyak, nyatanya zat-zat di dalam buah tin juga baik untuk mengatasi kesehatan di dalam tubuh kita.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI