13 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Tidak Hanya Melancarkan ASI

Jum'at, 20 November 2020 15:12 Penulis: Puput Saputro
13 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Tidak Hanya Melancarkan ASI
Manfaat Daun Katuk (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Tanaman daun katuk selama ini dikenal karena khasiatnya untuk ibu menyusui. Tanaman bernama ilmiah Sauropus androgynus ini diyakini bisa melancarkan asi. Selain dikenal karena khasiat tersebut, tanaman katuk juga sering diolah menjadi sayur atau sup. Sebagian besar orang memang mengonsumsinya demi mendapatkan manfaat daun katuk untuk kesehatan.

Tanaman katuk yang bisa dengan mudah ditemui di Indonesia tidak hanya berkhasiat untuk ibu menyusui. Masih ada banyak manfaat daun katuk untuk kesehatan lainnya. Hal ini dikarenakan dalam daun katuk terkandung berbagai kandungan senyawa yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Lantas apa saja manfaat daun katuk untuk kesehatan? Berikut ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Melancarkan ASI

Manfaat daun katuk untuk melancarkan asi udah dipercaya secara turun temurun. Namun, ternyata kepercayaan ini bukanlah omong kosong belaka. Sebab, dalam daun katuk terkandung sejumlah senyawa yang akan mendukung produksi asi pada wanita menyusui.

Kandungan senyawa tersebut adalah sterol inhalasi. Tidak hanya melancarkan asi, kandungan senyawa lainnya dalam daun katuk seperti vitamin B, vitamin C, asam amino, zat besi, dan fosfor juga berkhasiat untuk meningkatkan kualitas ASI.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun katuk mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Seperti yang kita tahu, antioksidan dalam tubuh berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa jadi pemicu berbagai penyakit.

Tidak hanya antioksidan, dalam daun katuk juga terdapat kandungan vitamin C. Dalam tubuh manusia, vitamin C bisa berfungsi mendukung kerja antioksidan dalam menjaga daya tahan tubuh. Artinya, dengan mengonsumsi daun katuk, daya tahan tubuh akan terjaga dan tidak mudah sakit.

3. Meredakan Flu

Kandungan vitamin C dalam daun katuk juga bisa berkhasiat dalam meredakan flu. Sebab, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vitamin C menjadi salah satu kandungan yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, dengan mengonsumsi daun katuk daya tahan tubuh akan membaik dan mempercepat tubuh untuk sembuh dan pulih dari demam atau flu yang diderita. 

4. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Manfaat daun katuk yang keempat berkaitan dengan kesehatan tulang dan gigi. Kandungan zat besi dalam daun katuk ternyata tidak hanya baik untuk ibu menyusui. Zat besi juga baik untuk kesehatan tulang dan gigi.
Terlebih, selain zat besi daun ketuk juga mengandung mineral kalsium yang secara umum berguna untuk menjaga kepadatan tulang. Sehingga, dengan mengonsumsi daun katuk secara teratur, kesehatan dan kekuatan tulang akan terjaga, serta terhindar dari osteoporosis.

5. Meningkatkan Vitalitas pada Pria

Daun katuk yang identik dengan ibu menyusui ternyata juga punya khasiat khusus untuk pria. Pasalnya daun tanaman berwarna hijau ini diyakini bisa meningkatkan vitalitas pria. Bahkan, tidak sebatas meningkatkan vitalitas, daun kandungan dalam katuk juga dipercaya mampu memperbaiki kualitas sperma pria yang mengonsumsinya. 

6. Mengobati Luka Luar

Jika selama ini daun katuk banyak dikonsumsi dalam bentuk makanan sayur atau jus, ternyata daun katuk juga bisa dimanfaatkan sebagai obat luka luar. Tanpa harus memasak atau menjadikannya jus, untuk mengobati luka luar daun katuk cukup dicuci lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu, balurkan pada bagian permukaan kulit yang terluka. Kandungan senyawa yang terdapat dalam ekstrak daun katuk tersebut dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhan luka secara efektif.

7. Menyehatkan Mata

Selain vitamin C, ternyata daun katuk juga mengandung vitamin A yang tidak kalah banyak. Seolah sudah jadi rahasia umum, kalau vitamin A merupakan satu jenis vitamin yang baik untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan vitamin A pada daun katuk dipercaya bisa merangsang pertumbuhan sel pada mata. Artinya, mengonsumsi daun katuk secara teratur, bisa jadi salah satu ikhtiar dalam merawat dan menjaga kesehatan mata.

8. Mengatasi Diabetes

Diabetes jadi salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti. Pasalnya, tak main-main penyakit satu ini bisa memicu terjadinya komplikasi. Daun katuk ternyata bisa jadi salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes. Sebab, konsumsi daun katuk dipercaya bisa menurunkan indeks glikemik. Sehingga, akan berpengaruh ke kadar gula darah yang juga menjadi lebih rendah.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun katuk yang luar biasa berikutnya yaitu bisa mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan dalam daun katuk terdapat kandungan kalsium yang tinggi. Dalam tubuh kita, kalsium mempunyai peran penting untung mengurangi tekanan darah yang tinggi. Dengan begitu, kondisi kesehatan jantung akan lebih terjaga.

10. Mengatasi Anemia

Anemia atau penyakit akibat kekurangan sel darah merah bisa dialami oleh siapa saja. Saat mengalaminya, tubuh akan terasa lemah, lesu, bahkan sulit berkonsentrasi. Akibatnya, berbagai aktivitas akan terganggu. Untungnya masalah kesehatan yang satu ini juga bisa diatasi cukup dengan mengonsumsi daun katuk.

Kandungan dalam ekstrak daun katuk bermanfaat dalam meningkatkan efisiensi absorsi saluran pencernaan. Hal ini berdampak pada melambatnya penyakit kronis di pembuluh darah. Artinya, secara tak langsung dengan mengonsumsi daun katuk secara teratur, akan mengatasi masalah anemia.

11. Sumber Nutrisi Rambut

Untuk kalian yang mendambakan punya rambut sehat dan indah, daun katuk bisa jadi salah satu pilihan caranya. Pasalnya, daun kantuk mengandung senyawa fitokimia yang berkhasiat untuk kesehatan rambut. Untuk memanfaatkannya kalian bisa menggunakan daun katuk yang sudah dihaluskan untuk masker rambut. Karena alami, cara ini relatif aman untuk diterapkan pada bayi dan anak-anak.

Di samping itu, juga terdapat senyawa aktif seperti eicosanoid prostaglandin, lipoksin, leukotrien, tromboksan, dan prostasiklin yang diyakini bisa menstimulus hormon testosteron, glukokortikoid, estradiol, dan progesteron yang membuat rambut kadi sehat dan lembut.

12. Tingkatkan Kecerdasan Anak

Tidak saja baik untuk ibu hamil dan menyusui, daun katuk ternyata juga baik dikonsumsi anak-anak. Orangtua bisa mengolah daun katuk menjadi puree atau sup. Pada anak-anak, daun katuk dipercaya bisa memberi manfaat yang luar biasa pada otak. Hal ini disebabkan kandungan zat besi dalam daun katuk yang cukup tinggi. Dengan kandungan nutrisi tersebut, kemampuan otak bayi akan lebih terangsang, sehingga bayi bisa tumbuh jadi anak yang cerdas.

13. Mencegah Obesitas

Selain sulit beraktivitas, berat badan berlebih atau obesitas juga bisa memicu berbagai penyakit. Obesitas umumnya terjadi karena adanya penumpukan jaringan lemak akibat berat badan berlebih. Konsumsi daun katuk diyakini bisa memperlambat penumpukan lemak dalam tubuh. Namun, penelitian mengenai manfaat yang satu ini masih diperdalam melalui penelitian-penelitian.

Itulah di antaranya 13 manfaat daun katuk untuk kesehatan. Meski punya banyak manfaat, ada baiknya tetap perhatikan jumlah daun katuk yang dikonsumsi. Jangan mengonsumsi terlalu banyak, sebab justru dikhawatirkan bakal mengganggu kesehatan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI