8 Dampak Kekurangan Kalsium dan Pahami Cara Mencegahnya

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

8 Dampak Kekurangan Kalsium dan Pahami Cara Mencegahnya
Kekurangan kalsium (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Kekurangan kalsium juga dikenal dengan istilah hipolasemia. Kondisi ini terjadi saat tubuh memiliki kadar kalsium rendah hingga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan tertentu. Sebab kalsium berperan penting untuk mendukung kesehatan tulang, gigi, ataupun otot.

Kalsium adalah mineral penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ini dapat diperoleh dari beragam jenis makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, keju, tahu, ataupun sayuran berdaun hijau. Namun beragam masalah dapat muncul apabila tubuh kekurangan asupan kalsium yang ditandai dengan sejumlah kondisi misalnya saja kram otot ataupun sakit gigi.

Seiring bertambahnya usia seseorang mungkin membutuhkan lebih banyak asupan kalsium untuk mempertahankan fungsi kerja tubuh mereka. Sebab pada usia tersebut sejumlah fungsi tubuh terutama tulang mengalami penurunan hingga berisiko mudah rapuh. Namun berkaitan dengan kekurangan kalsium, setiap orang membutuhkan jumlah tersendiri berdasarkan tingkat usia mereka.

Lalu apa jadinya apabila tubuh kekurangan kalsium?

Dampak kekurangan kalsium yang dapat dirasakan oleh tubuh terdapat pada ulasan di bawah ini. Beberapa kondisi kekurangan kalsium menyebabkan  masalah pada tulang, gigi ataupun otot. Berikut dampak kekurangan kalsium yang dapat kalian kenali sedini mungkin beserta cara mengatasinya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Masalah Pada Gigi

Dampak kekurangan kalsium yang pertama adalah terjadi masalah pada gigi. Seperti diketahui sebelumnya, bahwa kalsium berperan penting untuk menjaga kesehatan gigi. Apabila kekurangan kalsium maka tidak menutup kemungkinan kesehatan gigi juga terganggu. Misalnya saja beberapa masalah yang muncul akibat kekurangan kalsium meliputi kerusakan gigi, gigi menjadi rapuh, gusi mengalami iritasi ataupun akar gigi lemah seperti melansir dari medicalnewstoday.com.

Selain itu kekurangan kalsium juga memicu rasa sakit dan nyeri pada gigi. Tak heran apabila dalam sejumlah produk perawatan gigi terdapat agen abrasif yang merupakan sejenis zat berfungsi mirip seperti kalsium karbonat. Zat tersebut dapat membersihkan gigi dari beragam sisa makanan ataupun bakteri yang menempel.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Tulang Mudah Rapuh

Dampak kekurangan kalsium selanjutnya adalah mengalami masalah pada tulang yang mudah rapuh. Masalah ini menjadi gangguan kesehatan paling umum dialami akibat kekurangan kalsium. Sebab kalsium berperan penting menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Melansir dari medicalnewstoday.com, kekurangan kalsium bisa menyebabkan risiko tulang rapuh hingga rentan mengalami osteopenia ataupun osteoporosis.

Kondisi tersebut seringkali dijumpai pada tingkat usia lanjut yang mengalami penurunan kepadatan mineral tulang. Akibatnya tulang mudah rapuh yang memicu risiko patah tulang ataupun nyeri sendi. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk membantu mengatasi masalah tulang rapuh.

3. Nyeri Otot

Kekurangan kalsium juga menyebabkan kalian mungkin mengalami masalah pada otot. Diantaranya yakni seperti nyeri otot, kram otot, ataupun otot kaku. Melansir dari medicalnewstoday.com, nyeri otot akibat kekurangan kalsium bisa dirasakan pada sejumlah area tubuh meliputi paha, tangan, lengan, kaki ataupun tungkai.

Gejala nyeri dan kram otot dapat dirasakan secara tiba-tiba dengan frekuensi yang mudah kambuh namun cenderung terasa saat melakukan aktivitas baik bergerak ataupun berjalan. Pada tingkat lebih serius risiko penyakit seperti aritmia ataupun kejang dapat dirasakan pengidapnya.

4. Mudah Lelah

Kekurangan kalsium menyebabkan rasa lelah yang teramat sangat. Sebab kalsium rendah memicu seseorang mengalami kelelahan akibat kekurangan energi. Kondisi ini juga mengganggu kualitas tidur yang menyebabkan terjadinya insomnia. Ada sejumlah gejala yang menyertai akibat kekurangan kalsium dengan dampaknya terhadap rasa lelah meliputi pusing, kehilangan fokus, mudah lupa dan bingung seperti melansir dari medicalnewstoday.com.

5. Kuku Jadi Rapuh

Tak hanya penting bagi kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga penting bagi kesehatan kuku. Melansir dari liputan6.com, kekurangan kalsium dapat memicu rapuh pada kuku. Bukan hanya menyebabkan kuku rapuh, namun sejumlah masalah lain pada kuku seperti mudah kering, terkelupas ataupun pecah tak dapat terhindarkan. Dampak perubahan ataupun kerusakan kuku ini bisa dirasakan pengidapnya apabila kekurangan kalsium dalam waktu yang cukup lama.

6. Masalah Pada Kulit

Selain kuku, masalah lain juga dapat dirasakan akibat dampak kekurangan kalsium. Salah satunya adalah kulit. Di mana kulit akan berisiko mengalami peradangan hingga menimbulkan rasa gatal ataupun bercak kering. Melansir dari medicalnewstoday.com, bahkan risiko mengalami penyakit psoriasis dapat menjadi dampak sari kekurangan kalsium. Psoriasis adalah kondisi yang menyebabkan kulit mengalami peradangan hingga timbul gejala seperti mudah terkelupas, , ruam ataupun kulit kering.

7. Perubahan Mood

Kekurangan kalsium juga dapat berdampak pada perubahan mood atau suasana hati kalian. Dampak ini mungkin jarang kalian sadari namun ternyata dapat menyebabkan perubahan mood terjadi. Melansir dari sumber yang sama, sejumlah bukti memperlihatkan bahwa kekurangan kalsium berhubungan dengan gangguan suasana hati seseorang ataupun perubahan mood bahkan depresi.

Akan tetapi kondisi tersebut diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami penyebab pasti dampak dari kekurangan kalsium. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk mengatasi dampak kekurangan kalsium secara tepat.

8. Gangguan Tidur

Meski gangguan tidur dapat terjadi karena beragam faktor pemicu, namun mengalami kekurangan kalsium bisa menjadi salah satu dampak yang bisa dirasakan. Dalam hal ini kalsium rendah yang dimiliki tubuh bisa memicu gangguan tidur atau penurunan kualitas tidur. Ini menyebabkan kalian mungkin mengalami masalah insomnia. Sebab seperti melansir dari lipuatn6.com, kalsium berperan dalam pembentukan melatonin, sejenis hormon yang membuat kalian bisa tertidur.

9. Cara Mencegah Kekurangan Kalsium

Ada beragam cara mencegah kekurangan kalsium yang dapat kenali sedini mungkin. Adapun cara mencegah kekurangan kalsium salah satunya dapat dilakukan dengan mencukupi makanan kaya akan kalsium, diantaranya sebagai berikut:

- Produk susu.

- Konsumsi kacang polong.

- Brokoli.

- Susu kedelai.

- Konsumsi sayur bayam.

- Sereal.

- Aneka biji-bijian.

Nah itulah 8 dampak kekurangan kalsium yang dapat dirasakan pengidapnya. Cara mengatasi kekurangan kalsium bisa dilakukan dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang mengandung kalsium tinggi.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending