Jangan Dianggap Sepele, Ini 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Jum'at, 02 Oktober 2020 13:33 Penulis: Dhia Amira
Jangan Dianggap Sepele, Ini 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Makan memang menjadi salah satu kewajiban yang perlu dilakukan, dan dibutuhkan untuk tubuh. Tetapi nyatanya setelah makan ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan loh KLovers, dan hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh kalian.

Hal ini karena makan merupakan salah satu hal yang dapat mengembalikan metabolisme di dalam tubuh. Itulah mengapa ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah kalian mengonsumsi makanan. Apa saja hal tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 hal yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Minum Teh

Hal pertama yang tidak boleh dilakukan ketika kita selesai makan yaitu minum teh. Sebenarnya teh menjadi minuman favorit untuk masyarakat Indonesia setelah mengonsumsi makanan, tetapi nyatanya hal tersebut tidak baik loh dilakukan setelah kalian makan.

Hal ini karena secangkir teh setelah makan dapat mengganggu asimilasi zat besi, yaitu mineral yang memainkan peran penting dalam tubuh. Dan hal ini akan mengganggu pertumbuhan tulang dan juga gigi pada kalian.

Itulah mengapa anak-anak, wanita hamil, dan orang yang menderita kekurangan zat besi sebaiknya menghindari minum teh dalam waktu satu jam setelah makan. Kalian bisa mengonsumsi air putih ataupun kopi setelah selesai mengonsumsi makanan.

2. Olahraga

Dan hal selanjutnya yang tidak boleh dilakukan setelah makan yaitu ada olahraga. Memang ada beberapa orang yang sedang diet merasa bersalah setelah makan, dan akan melakukan gerakan-gerakan kecil agar lemak dalam tubuh berkurang.

Tetapi nyatanya cara ini tidak baik ya KLovers, dan akan mengakibatkan sesuatu yang serius. Itu karena beban saat perut sudah kenyang dapat menyebabkan ketidaknyamanan, seperti cegukan dan mual, serta konsekuensi yang lebih serius, seperti peningkatan risiko trauma dan juga kejang.

Itulah mengapa jangan lakukan kegiatan olahraga setelah kalian mengonsumsi makanan. Ada baiknya untuk menunggu 1 jam sebelum kalian melaksanakan kegiatan olahraga.

3. Tidur

Sudah bukan hal yang asing lagi bila tidur menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh dilakukan setelah kita mengonsumsi makanan. Banyak sekali mitos jadul di Indonesia yang melarang seseorang tidur setelah mengonsumsi makanan.

Nyatanya hal tersebut benar adanya loh, karena tidur dengan perut yang kenyang dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti mulas, sendawa, dan keasaman tinggi. Selain itu, telah terbukti bahwa tidur setelah makan siang atau makan malam secara teratur dapat berpeluang meningkatkan risiko stroke.

Ada baiknya setelah makan kalian bisa menunggu selama 2 jam sebelum akhirnya tidur. Dan akan lebih baik tidak kurang dari 2 jam ya KLovers, karena perasaan kenyang tersebut masih akan terasa kurang dari itu.

4. Mandi

Siapa yang memilih untuk sarapan terlebih dahulu, baru mandi? Bila kalian sering melakukan hal tersebut maka ada baiknya untuk dikurangi ya KLovers. Karena ternyata melakukan kegiatan mandi setelah makan sangat tidak dianjurkan.

Hal ini karena saat kita mandi atau berendam suhu tubuh kita akan sedikit meningkat, dan membuat tubuh mengirimkan lebih banyak darah ke kulit dari biasanya. Sehingga hal ini bisa mengganggu proses pencernaan dan memperlambat metabolisme. Ada baiknya kalian untuk mandi terlebih dahulu sebelum makan, atau bila masih ingin mandi maka kalian bisa menunggu hingga 30 menit.

5. Merokok

Banyak sekali dari kalian yang pasti melakukan kegiatan merokok setelah mengonsumsi makanan, dan hal ini seperti sudah menjadi kewajiban bagi para perokok aktif. Namun nyatanya hal ini sangat tidak baik dilakukan setelah makan ya KLovers.

Rokok memang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, dan salah satu hal yang tidak baik yaitu merokok setelah makan. Hal ini karena nikotin akan diserap dengan kekuatan ganda, sehingga dapat meningkatkan semua efek bahayanya.

Selain itu, tembakau juga terbukti dapat menghalangi penyerapan vitamin dan mineral, termasuk kalsium, vitamin C, dan vitamin D. Ada baiknya untuk kalian melakukan kegiatan merokok setelah 20 menit.

6. Makan Buah

Dan hal terakhir yang tidak boleh dilakukan setelah makan yaitu mengonsumsi buah. Memang buah menjadi hal yang sering dikonsumsi setelah seseorang makan, dan menjadikan buah sebagai makanan pencuci mulut yang segar.

Nyatanya buah malah tidak baik loh dikonsumsi setelah makan, ada baiknya kalian mengonsumsi buah sebelum makan. Hal ini karena buah membutuhkan enzim yang berbeda untuk dicerna. Itulah mengapa menikmati buah saat perut kosong adalah waktu terbaik agar penyerapannya bisa maksimal.

Itulah 6 hal yang tidak bisa dan tidak baik untuk dilakukan setelah kalian makan. Agar sistem pencernaan dan metabolisme di dalam tubuh tetap baik, ada baiknya untuk tidak melakukan hal-hal di atas ya KLovers.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI